Jumat, 19 November 2021, 18:46 WIB

Belasan Kendaraan Masih Terjebak longsor di Ranu Gumbolo Tulungagung

Tulungagung, (afederasi.com) – Puluhan  wisatawan Ranu Gumbolo masih menunggu proses evakuasi jalur keluar wisata Ranu Gumbolo dan selingkar waduk Wononrejo, agar kendaraan mereka bisa keluar.

Sebelumnya, puluhan wisatawan beserta kendaraan sempat terjebak karena akses jalan pulang tertutup oleh material longsor pada (18/11/2021).

Camat Pagerwojo, Hedik Iswanto mengatakan jika sebelumnya pada (18/11/2021) ada 30 wisatawan di wilayah Ranu Gumbolo dan selingar Waduk Wonorejo yang terjebak dan tidak bisa pulang, karena akses jalan keluar semuanya tertutup oleh material longsor.

“Ada tiga jalur akses keluar wisata Ranu Gumbolo, yang semuanya  terdampak longsor,” jelas Hedik Iswanto, Jumat, (19/11/2021).

Iswanto melanjutkan, untuk wisatawan tersebut sebagian warga lokal dan ada pula yang luar kota, seperti wilayah Kabupaten Kediri.

Usai terkepung oleh longsor, puluhan wisatawan tersebut dilakukan evakuasi lewat jalur darat dan air.

“Untuk jalur air, sekitar 17 wisatawan dievakuasi menggunakan perahu boot dari Ranu Gumbolo menuju Waduk Wonorejo, secara dua tahap,” jelasnya.

Sementara itu lainnya dievakuasi jalur darat oleh warga, dengan diberitahukan jalur yang bisa dilewati.

Baca Juga  BPBD Siapkan Jalur Evakuasi Gempa

“Wisatawan dievakuasi oleh warga setempat melalui jalur lereng gunung,” paparnya.

Iswanto melanjutkan, usai berhasil dievakuasi, semuanya dibawa ke Pos Satpam Waduk Wonorejo untuk dilakukan pendataan.

“Untuk warga luar Kota bermalam disana,” katanya.

Iswanto menambahkan, agar puluhan kendaraan wisatawan bisa keluar dan akses jalan juga bisa dilalui, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait agar material longsor yang menutup akses jalan bisa segera dibersihkan.

“Ada sekitar 15 sepeda motor dan satu mobil milik pemancing yang terjebak di sekitar lingkar Waduk Wonorejo,” Jelasnya

Sementara itu,  Supervisor perum jasa Tirta Tulungagung, Abdul Basit menjelaskan, untuk evakuasi pembersihan akses jalan ke Ranu Gumbolo, pada 11.30 WIB, pihaknya mendatangkan satu ekscavator.

“Pembersihan 3 titik longsor itu kemungkinan besar akan selesai dalam waktu 3-4 hari,” paparnya.

Basit menambahkan, untuk pembersihan hari ini dilakukan di jalur menuju Ranu Gumbolo saja, lantaran hanya ada satu ekscavator, namun ada rencana untuk menambah jumlah Ekscavator.

“Sudah dikordikansikan dengan BBWS Brantas, untuk mendatangkan satu Ekscavator tambahan agar pembersihan bisa lebih cepat,” pungkasnya.(riz/dn)

Baca Juga  Deteksi Bencana Alam Dini, Pasang Alat Early Warning System

News Feed