oleh

Badan Jalan Masih Tertancap Tiang Listrik, Jalan Wiroguno Dibuka Untuk Umum

Banyuwangi, (afederasi.com) – Jalan Wiroguno Desa Dasri, Kecamatan Tegalsari, Banyuwangi, sudah dibuka untuk umum sejak peyerahan proyek pembangunan. Padahal masih terlihat beberapa tiang listrik berdiri kokoh di badan jalan yang sangat berbahaya bagi pengendara, Minggu, (21/2/2021).

Pembangunan jalan Wiroguno baru selesai pengerjaan aspal sekitar 980 meter melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya, Perumahan Dan Permukiman menelan biaya sebesar Rp 2,86 miliar dengan waktu pelaksanaan 98 hari kerja sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) tertanggal 9 September 2020 lalu.

Nyatanya, setelah proyek yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020 diserahkan, masih menyisakan beberapa tiang listrik yang belum tertata bahkan ada tiang listrik yang berdiri persis ditengah jalan.

“Jalan tersebut sudah dibuka untuk umum, kita sudah bersurat kepada PT PLN untuk penataan tiang listrik yang ada di proyek tersebut,” kata Plt Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya, Perumahan dan Permukiman, Danang Hartanto.

Menurut Danang, pihaknya sudah berikirim surat kepada PT PLN sejak 30 November. Bukan itu saja, bahkan PLN sudah diajak rapat dan kordinasi mengenai pemindahan tiang listrik guna kelancaran bagi masyarakat pengguna jalan yang terbentang di areal persawahan tersebut.

Baca Juga  Masih Ada Tiang Listrik di Tengah Jalan Wiroguno, Dipastikan Salah Dari Perencanaan Awal

“Pemindahan tiang tersebut adalah tugas PLN. Untuk anggaran ya anggaran PLN, apabila kita yang mindah dan menggunakan anggaran bisa menjadi temuan BPK, jelas itu tidak boleh,” dalihnya.

Danang menambahkan, selain sudah terbuka untuk umum kondisi jalan apabila terjadi sesuatu di jalan Wiroguno, itu adalah tanggung jawab dari PLN. Pihaknya bersikeras bahwa pemindahan tiang merupakan tugas dan tanggung jawab PLN karena tiang listrik sebagian fasilitas jalan.

“Jalan yang mengelola adalah PU, masak yang punya aset suruh memindahkan. Seharusnya PLN menyesuaikan apabila ada perubahan rencana ataupun pelebaran jalan,” ungkapnya.

Namun hingga berita ini ditayangkan pihak PT PLN belum bisa memberikan keterangan. Sangat disayangkan pemandangan indah yang terbentang di tengah areal persawahan jalan Wiroguno tidak bisa dinikmati pengguna jalan. Pengendara harus rela berbagi jalan dengan tiang listrik pengganggu keindahan, yang entah kapan akan dipindahkan. (ron/dn)

News Feed