oleh

Asah Kemampuan Aparat Teritorial, Dandim 0736 Batang Laksanakan Pembinaan

Batang, (afederasi.com) – Kodim 0736 Batang menyelengarakan kegiatan pembinaan kesiapan terhadap sejumlah aparat  teritorial di Aula Koramil 10/Kota Batang, Jawa Tengah (13/10/2020). Hal ini bertujuan untuk memelihara kemampuan aparat teritorial.

Kegiatan yang merupakan  program kerja Triwulan lV tahun anggaran 2020, telah dibuka Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Inf Dwison Evianto yang diwakilkan oleh Kapten Inf Sumargiono Danramil Reban.

Kegiatan yang digelar sesuai dengan protokol kesehatan itu dimulai hari Senin (12/10/ 2020) dan akan berlangsung selama 2 hari dengan peserta Danramil, Bati Koramil dan Babinsa jajaran Kodim 0736/Batang.

Pada sambutannya Dandim Letkol Inf Dwison Evianto yang diwakili oleh Kapten Inf Sumargiono menyampaikan selamat datang kepada Tim Waslakgiat Korem 071/WK yang sudah datang dan mengucapkan minta maaf karena Komandan Kodim atau Kastaf tidak bisa hadir dikarenan ada kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah terprogram dan terjadwal yang bertujuan untuk memelihara kemampuan aparat teritorial Kodim 0736/Batang. “Sebagai aparat teritorial tugas pokoknya yakni melaksanakan pembinaan teritorial, segala upaya kegiatan dan pekerjaan untuk menyiapkan Kondisi Geografi, Demografi, dan Kondisi Sosial sebagai ruang, alat dan kondisi juang dibidang pertahanan,” katanya.

Baca Juga  TNI AD Sukseskan Program Binter Rutilahu Terpadu, Bedah Rumah Tak Layak Huni

Kemudian Dandim Letkol Infantri Dwison  berharap agar para aparat teritorial berperan aktif membantu pemerintah daerah untuk kesejahteraan rakyat sesuai dengan jenjang masing-masing sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Untuk para Babinsa supaya dapat menguasai wilayah binaannya seperti halnya apabila ada potensi konflik dan permasalahan lainnya, karena lebih baik mencegah daripada mengatasi permasalahan yang sudah telanjur terjadi serta monitor perkembangan situasi yang terjadi saat ini, ” tambah Sumargiyono

Sementara itu Tim Waslakgiat Korem 071/WK Mayor Inf Saing S.Ag ( Pasipuanterem ) memberikan pengarahan kepada para peserta. Menurutnya babinsa adalah sebagai ujung tombak TNI-AD, karena babinsa ini bersentuhan langsung dengan masyarakat. Oleh karena itu diadakanya program seperti ini , yaitu untuk selalu mengingatkan kepada para babinsa supaya yang sudah bagus bisa lebih bagus

“Saya bersama rombongan mengucpakan banyak terimakasih karena sudah disambut dengan baik oleh rekan – rekan dari kodim 0736/Batang,” jelasnya

Mayor Inf Saing (Pen-dim 0736/Batang) menambahkan bahwa kegitan seperti ini selalu dilakasanakan setiap tiga bulan sekali. Hal ini agar semua anggota  tetap fokus masalah lima kemampuan teritorial , karena sebagai aparat teritorial dituntut untuk mampu dan betul -betul menguasai ilmu teritorial.

Baca Juga  Cabup Nomer Urut 2, Peringati Kesaktian Pancasila dan Deklarasi Kemenangan Nurani

“Karena teritorial itu adalah rohnya teritorial. Untuk itu dalam menyampaikan atau membuat laporan harus benar – benar akurat atau falid agar tidak menjadi berita hoak,” imbuhnya. (son/dn)

News Feed