oleh

26 Ribu Lansia di Kota Pahlawan Jalani Vaksinasi Covid-19

Surabaya, (afederasi.com) – Sebanyak 26 ribu lansia di Kota Pahlawan ditargetkan mendapat suntik vaksin Covid-19. Mereka bakal disuntik di Pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) diseluruh Kota Surabaya yang dimulai hari ini Selasa (23/2/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Febria Rachmanita menjelaskan, pada gelombang kedua ini warga Surabaya dengan usia di atas 60 tahun dapat menjalani suntik vaksin Covid-19 di seluruh fasilitas kesehatan di Surabaya.

“Bagi lansia, kami targetkan sebanyak 26.000-an orang yang divaksinasi untuk hari ini dan besok,” katanya.

Febria menyatakan, pada vaksinasi Covid-19 gelombang kedua ini Pemkot Surabaya mendapat jatah sebanyak 12.480 vial vaksin yang dikirim secara bertahap. Untuk vaksin yang sudah diterima baru sebanyak 4.500 vial vaksin, dengan ukuran vial vaksin lebih besar. Satu vial bisa digunakan untuk 10 sasaran.

“Vaksinasi pertama di gelombang kedua ini menyasar 45.400 orang,” ujarnya.

Ia menyatakan, sebelum dilakukan penyuntikan vaksin bagi lansia pihaknya telah memberi tahu seluruh perangkat RT dan RW di Kota Pahlawan. Dinkes Surabaya juga sudah memberikan sosialisasi menyoal pelaksanaan bagi lansia agar yang sudah terdata dan terverifikasi langsung mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan untuk disuntik vaksin.   

“Karena kami sudah woro-woro, mereka pasti datang ke tempat (pelayanan kesehatan) yang sudah ditentukan,” kata Febria.  

Para lansia yang mendapat jatah vaksin bisa memilih tempat vaksinasi Covid-19 yang diinginkan. Disampong puskesmas, pelaksanaan vaksin bagi lansia bisa dilakukan di klinik dan rumah sakit. Namun, terkait pemilihan lokasi tersebut, tetap ada semacam pemberitahuan kepada RT/RW setempat.  

“Jadi, vaksin untuk tahap dua ini di bawah pantauan kepala puskesmas sesuai wilayahnya masing-masing,” ujar Feny.

Karena pendistribusian vaksin belum diterima seratus persen, lanjutnya, pelaksanaan vaksin bagi lansia akan dilakukan secara bertahap. Di samping itu, Dinkes juga terus mendata dan memverifikasi lansia yang berhak mendapatkan vaksin di gelombang kedua ini.

“Kami pastikan nantinya seluruh lansia yang ada di Kota Pahlawan akan mendapat giliran untuk disuntik vaksin,” pungkas Febria. (dwd/yp)

News Feed