oleh

25 Anggota TNI Dites Urine, Berikut Hasilnya

Lamongan, (afederasi.com) – Sebanyak 25 anggota Kodim 0812 secara acak menjalani tes urin mendadak saat mengikuti kegiatan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), Jum’at (18/9/2020).

Pelaksanaan tes urin ini sekaligus untuk memastikan anggota terbebas dari narkoba. Meskipun tes ini dilakukan mendadak, namun dari 25 anggota yang diacak hasilnya negatif.

“Alhamdulilah 25 anggota yang dites urin hasilnya negatif,” ungkap Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) Lamongan Mayor Arh G N Putu Ardana.

Putu mengatakan, saat ini narkoba sudah menjadi musuh bersama karena dapat merusak tatanan kehidupan mulai dari perorangan, keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara. Untuk menjauhkan barang haram tersebut dari institusinya, Kodim 0812 secara rutin menggelar P4GN.

“Walaupun ditengah pandemi Covid-19, P4GN harus tetap dilaksanakan. Karena sebagai salah satu program kerja agar anggota baik militer maupun PNS terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba,” bebernya.

Lebih lanjut Putu menyampaikan, narkoba masih menjadi ancaman yang sangat serius bagi kelangsungan hidup suatu bangsa. Menurutnya, narkoba sudah merambah kesegala lini kehidupan masyarakat tidak memandang profesi termasuk juga aparat keamanan sendiri sudah ada yang terlibat dalam narkoba.

Baca Juga  Suhu Diatas 37 Derajat, Lima Pengunjung Kafe Jalani Test Swab Ditempat

“Untuk itu, pada kegiatan ini kita laksanakan tes urin secara acak kepada anggota,” terangnya.

Putu mengharaokan, kepada seluruh anggota untuk jangan mencoba-coba Narkoba, jangan mendekati apalagi menggunakan narkoba, Tak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga keluarga dan tetangga sekitar.

“Jauhkan Narkoba dari kehidupan kita dan keluarga kita, sanksi tegas menanti hingga pemecatan untuk anggota yang coba-coba dengan narkoba,” tegasnya.

Putu menambahkan, dimasa pandemi Covid-19 sekarang ini pemerintah sudah mengajak masyarakat untuk menyongsong memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan tetap hidup produktif namun tetap menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, cuci tangan, PHBS dan lain-lain.

“Kita juga akan menggelar operasi pendisiplinan masyarakat dengan tetap mengedepankan sikap yang humanis namun bertanggung jawab dan terus melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait,” tutupnya.

Sementara pantauan afederasi.com penyuluhan tersebut diisi oleh Iptu Kusen Kasat Narkoba Polres Lamongan. Dari 25 orang personel yang melaksanakan tes urine secara acak tersebut, tidak ditemukan yang terindikasi menggunakan Narkoba. (ra/yp)

News Feed