oleh

10.409 Petani Belum Terima Kartani

Tulungagung, (afederasi.com) – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Tulungagung menyebutkan seusai dilakukannya verifikasi dan validasi data, tercatat ada sekitar 10.409 petani belum menerima kartu tani hingga Desember 2020.

Kepala Dispertan Tulungagung Suprapti melalui Kasi Pupuk Pestisida dan Alsintan Triwidyono Agus Basuki mengatakan berdasarkan data Dispertan untuk jumlah petani di Kabupaten Tulungagung sebanyak 36.418 petani. Dari jumlah tersebut, yang sudah menerima kartu tani sebanyak 26.009 petani, atau sekitar 71,42 persen.

“Sedangkan sisanya sebanyak 28,58 persen atau setara 10.409 petani belum menerima kartu tani,” ungkap Okik sapaan akrab Triwidyono Agus Basuki, Rabu (30/12/2020).

Okik menjelaskan ada beberapa faktor puluhan ribu petani belum mendapatkan kartu tani hingga sekarang. Diantaranya,  seperti adanya petani yang meninggal dunia, bepergian keluar, dan adanya nomor induk keluarga (NIK) yang salah.

“Serta adanya kartu yang tercetak ganda,” tambahnya.

Oki melanjutkan, untuk para petani yang belum mengambil kartaninya dihimbau untuk segera mengambil dan diurus di BNI dengan membawa persyaratan. Syaratnya yakni dengan membawa E- KTP.

“Kalau diambilkan harus keluarga kandung dan membawa surat kuasa,” imbuhnya.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh afederasi.com, dari ke 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Tulungagung, Kecamatan Kalidawir paling banyak jumlah kartani yang belum tersalurkan. Dari 7.083 jumlah kartani ada 1855 kartu yang tidak tersalurkan.

“Sedangkan untuk kecamatan yang paling sedikit adalah Kecamatan Tulungagung. Dari 205 jumlah kartu yang ada, hanya 96 kartani yang tidak tersalurkan,” jelasnya.

Oki menghimbau pada 2021 mendatang untuk para petani harus tetap menyiapkan kartaninya. Pasalnya, mulai Januari 2021 untuk petani yang menginginkan pupuk bersubsidi, cara menebusnya wajib menggunakan kartani.

“Bagi petani yang belum mendapat kartani tidak usah panik, nanti pasti ada kebijakan sendiri dari pusat soal itu,” tandasnya. (er/dn)

News Feed