oleh

Terbiasa Letakkan Kunci Rumah di Bawah Keset, Wanita ini Kehilangan Emas dan Uang

Lamongan, (afederasi.com) – Bagi warga yang terbiasa meletakkan kunci rumah di bawah keset harus lebih waspada. Siapa sangka kebiasaan ini ternyata diperhatikan orang lain hingga menimbulkan kejahatan.

Seperti halnya yang terjadi di Desa Kembangan Kecamatan Sekaran baru-baru ini. Seorang warga bernama Manisih (53) harus kehilangan barang berharga mencapai puluhan juta. Perhiasan emas mencapai 40 gram, dan uang jutaan rupiah tersebut hilang dicuri dengan cara masuk ke dalam rumah menggunakan kunci yang diletakkan di bawah keset.

Beruntung, pelaku berinisial MS (22) yang tak lain adalah tetangga korban berhasil diamankan, setelah korban melaporkan peristiwa tersebut ke polisi.

“MS ini beraksi setelah korban pergi ke mushola untuk salat subuh,” kata Kapolres Lamongan AKBP Harun.

Harun mengatakan, terungkapnya kasus pencurian dengan pemberatan tersebut bermula saat Polsek Sekaran mendapat laporan dari korban pada Kamis (3/9/2020). Atas dasar laporan tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan.

“Nah pada Sabtu (5/9/2020), kami mendapat informasi bahwa pelaku ini sedang membawa dompet berwarna hitam milik korban. Padahal, sebelum dilaporkan hilang, dompet tersebut berada di dalam almari kamar korban,” jelasnya.

Baca Juga  Tak Pakai Masker, Belasan Pemotor Disidang di Tempat

Tak mau kehilangan momentum lanjut Harun, petugas langsung menindaklanjuti informasi tersebut. Awalnya, MS mengelaknya. Namun saat diinterograsi, akhirnya MS mengakui perbuatannya.

“Dari hasil interogasi, tersangka mengakui telah melakukan pencurian saat korban pergi melaksanakan salat subuh berjamaah di Mushola,” jelasnya.

Harun menjelaskan, MS ini dengan leluasa melancarkan aksinya karena mengetahui dimana korban biasa menaruh kunci rumah. Selanjutnya, pelaku lantas mengambil kunci tersebut, dan menyelinap masuk ke rumah yang sedang kosong.

“Kebiasaan korban yang menaruh kunci di bawah keset ini ternyata diperhatikan oleh MS,” terangnya.

Setelah berhasil masuk ke dalam rumah, MS langsung mengambil barang-barang yang berada di dalam lemari. Lemari itu berada di dalam kamar  korban. Pelaku kemudian membawa kabur sebuah perhiasan emas berupa gelang model rantai seberat 14,800 gram, sebuah perhiasan emas berupa gelang model pelintir seberat 20,070 gram, sebuah perhiasan emas berupa cincin model rantai seberat 2,910 gram, dan  sebuah perhiasan emas berupa cincin model lom seberat 3,160 gram.

Baca Juga  Ayu Harun Kunjungi TK Kemala Bhayangkari 77 Sambeng, Ini yang Dilakukan

“Ternyata tersangka ini juga mengaku membawa kabur uang tunai Rp 25 juta lebih,” tambahnya.

Harun menambahkan, saat ini kasus tersebut masih dalam proses penyidikan. Pihaknya juga masih mendalami apakah MS ini juga pernah melakukan kejahatan di lokasi lain.

“Atas perbuatannya, MS terancam pasal 363 KUHP dengan hukuman tujuh tahun penjara,” pungkasnya. (ra/yp)

News Feed