oleh

Suhu Diatas 37 Derajat, Lima Pengunjung Kafe Jalani Test Swab Ditempat

Lamongan, (afederasi.com) – Sebanyak lima pengunjung warung kopi (warkop) dan kafe di Kota Soto Lamongan terpaksa dilakukan test swab dilokasi tempat nongkrongnya. Pasalnya, kelimanya memiliki suhu badan diatas 37 derajat saat dilakukan cek thermogun oleh tim gabungan personil Operasi Yustisi.

“Sesuai kesepakatan, apabila ada warga yang terjaring operasi yustisi dan memiliki suhu badan diatas 37 derajat, maka ia wajib menjalani test swab saat itu juga,” kata Kapolres Lamongan AKBP Harun.

Harun mengatakan, operasi yustisi ini digiatkan dalam rangka menegakkan Perda Provinsi Jatim No. 02 Tahun 2020. Dimana, bagi pelanggar protokol kesehatan akan diberikan sanksi administratif.

“Dalam operasi ini juga dilakukan tes thermogun kepada para pengujung dan penjaga kafe/warkop, apabila ditemukan yang suhu badannya lebih dari 37’C maka akan dilakukan swab oleh tim Satgas Covid-19,” katanya.

Harun melanjutkan, hasilnya ada lima pengunjung yang dilakukan test swab. Menurutnya, jika hasilnya negatif, tentu ia diperbolehkan pulang, Jika hasilnya terkonfirmasi positif, tentu akan ditindak lanjuti Satgas.

Baca Juga  Tim Pemenangan : Rangkul Semua Elemen Masyarakat Agar Yes-Bro Menang Mutlak

Sementara itu, berdasarkan pantauan afederasi.com, operasi yustisi tersebut dipantau langsung oleh Kapolres AKBP Harun, Dandim 0812 Letkol Inf Sidik Wiyono, dan Asisiten I Nakikan. Serta diikuti tim gabungan dari unsur TNI/Polri, Pemkab, Kajari, dan Satgas Covid-19 Lamongan.

Rombongan bergerak dari Mapolres Lamongan dan langsung menyasar para pengunjung dan pemilik kafe atau warkop di Barata kafe,  Aconk kafe,  Garasi kafe, Terakota, dan Berlian kafe.

Apabila ada pengunjung kafe atau warkop yang tidak memakai masker, maka mereka dibuatkan berita acara pemeriksaan cepat, dan besoknya menjalani sidang di Pengadilan Negeri Lamongan.

Adapun pasal yang diterapkan yaitu Pasal 20, 27 dan 49 Perda Provinsi Jatim Nomor 02 tahun 2020 dengan denda maksimal Rp 50.000.000,- atau kurungan penjara paling lama 3 bulan. (ra/yp)

News Feed