oleh

Spesialis Pencuri Baterai Tower Dibekuk, 1 Pelaku Kabur

Surabaya, (afederasi.com) – Unit Reskrim Polsek Dukuh Pakis berhasil mengungkap kasus pencurian baterai tower di wilayah hukumnya. Satu pelaku berinisial BG (43), warga Wiyung berhasil dibekuk di rumahnya pada Senin (14/9/2020).

Sayang, saat penggerebekan tersebut, satu pelaku lain yang berinisial FH berhasil melarikan diri.

“Satu pelaku yang berhasil kabur tersebut sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO),” tegas Kanit Reskrim Polsek Dukuh Pakis AKP Haryoko Widhi, Rabu (16/9/2020).

Widhi melanjutkan, saat penangkapan tersebut FH berhasil lolos dari kepungan petugas dan masuk ke gang-gang sempit di kawasan padat penduduk sekitar rumah BG.

FH dan BG ini, kerap mencuri baterai tower dibeberapa tempat. Berdasarkan rekaman kamera CCTV yang terpasang pada tower yang hilang baterainya, memperlihatkan kalau keduanya selalu beraksi bersama.

“Pengakuannya mereka sudah beraksi sebanyak 4 kali,” sebut Widhi.

Mantan Kanit Reskrim Polaek Sawahan itu juga menjelaskan, pengungkapan spesialis pencuri baterai tower ini berawal pada Senin, 14 September 2020 sekitar pukul 12.30 WIB. Ketika itu, anggota Reskrim memperoleh data dari track nopol mobil Avanza B 1549 PZX yang terekam CCTV saat dilokasi.

Baca Juga  Selain GBT, 3 Lapangan Latihan Disiapkan Hadapi Piala Dunia U-20

“Dari hasil lidik, mobil tersebut milik PT Sun Autorencar yang disewa oleh PT Persada yang bergerak dalam bidang maintenance baterai tower,” jelasnya.

Saat itu lanjut Widhi, mobil tersebut dipakai oleh pelaku untuk mencuri. Setelah ditelusuri, akhirnya petugas berhasil mengendus keberadaan dua pelaku tersebut.

“Pelaku ini sebelumnya juga pernah melakukan pencurian di lantai atap gedung AKBID Griya Husada Jalan Dukuh Pakis II No 110 dan Tower Smartfren Sambikerep,” ungkapnya.

Akibat perbuatannya, pelaku akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dan kini mendekam dalam penjara Polsek Dukuh Pakis. (al/yp)

News Feed