oleh

Polda Jatim Bongkar Pemalsu Nomor Rangka Ranmor

Surabaya, (afederasi.com) – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim berhasil membongkar praktek pemalsu nomor rangka kendaraan bermotor (ranmor). Setidaknya tiga orang berhasil diamankan dari kasus tersebut yakni SKH, Y, dan C.

“Sementara tiga orang pelaku yang sudah diamankan,” kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo, Jum’at (4/9/2020).

Trunoyudo mengungkapkan, terungkapnya kasus ini berawal dari laporan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan pemalsuan surat. Setelah dilakukan penyelidikan, ternyata modusnya memalsukan atau mengganti nomor rangka mesin ranmor hasil pencurian dengan nomor rangka ranmor yang sudah tidak terpakai atau karena mengalami laka lantas.

‘Jadi mereka ini mulai bekerja setelah mendapatkan order,” jelasnya.

Trunoyudo melanjutkan, setelah nomor rangka maupun nomor mesin dirubah, seakan-akan motor hasil curian tersebut sah dan teregister. Terlebih, nomornya juga sesuai dengan STNK dan BPKB.

Dalam kesempatan tersebut, Trunoyudo menghimbau agar masyarakat jika membeli kendaraan bekas agar lebih berhati-hati dan diharapkan mengecek dan mengidentifikasi nomor rangka di kepolisian.

“Atas perbuatannya, ketiga tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat,” pungkasnya. (al/yp)

Baca Juga  Ratusan Ibu Hamil Jalani Test Swab Gratis

News Feed