oleh

Jelang Puasa, Kapolres Kediri Minta 3 Pilar Desa untuk Perketat Wilayahnya

Kediri, (afederasi.com) – Jelang bulan Puasa, Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono meminta kepada 3 pilar desa yakni Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa di wilayah Kabupaten Kediri untuk lebih aktif kembali dalam penjagaan warga di lingkup wilayahnya.

Hal itu disampaikan sebagai antisipasi adanya oknum teroris serta pemudik yang masih membandel pada saat bulan puasa dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Saya sudah perintahkan Babinkamtibnas untuk mengaktifkan lagi penjagaan dengan koordinasi bersama pilar desa lainnya sebagai antisipasi,” katanya, Rabu (7/4/2021) siang.

Lanjut Lukman, ia tidak menampik jika masih banyak para pemudik yang nekat pulang ke kampung halaman meski telah dilarang pemerintah. Jika diketahui, Lukman berharap kepada tiga pilar desa untuk segera mendata warganya.

“Menjelang puasa dan hari raya, ada aja lah warga yang masih memaksakan mudik, meskipun ada larangan dari pemerintah,” imbuhnya.

Masih kata Lukman, nantinya warga yang mudik akan langsung di data dan diminta untuk isolasi mandiri. Hal itu untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Kediri yang masih berstatus zona oranye.

Baca Juga  Tentukan Awal Puasa, Senin Gelar Rukyatul Hilal

Selain itu, ditakutkan adanya orang asing yang masuk ke desa dan membawa dampak negatif seperti kasus terorisme. Lukman menambahkan dengan kondisi tersebut, diharapkan bisa mempersempit ruang gerak orang asing di lingkup desa.

“Untuk warga yang menginap, kontrak atau kos semua bisa langsung dipantau oleh petugas setempat, sehingga tidak ada orang asing yang tidak diketahui oleh warga sekitarnya,” terangnya.

Ke depan, Lukman juga akan menyekat beberapa pos titik masuk di Kabupaten Kediri agar menghindari pemudik dari luar Kabupaten.

“Jadi di pintu masuk akan kami bangun keamanan dan operasi ketupat, sepeti tahun lalu, semua pemudik kita putar balik, dan yang masuk kita periksa bawaannya,” tandasnya. (sya/dn)

News Feed