oleh

Nilai SKD Diatas Passing Grade Belum Tentu Lolos, ini Penjelasannya

Sejumlah peserta ketika hendak mengikuti SKD penerimaan CPNS (deny/afederasi.com)

Tulungagung, (afederasi.com) – Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) penerimaan CPNS telah memasuki hari ketiga. Menariknya, hasil akumulasi nilai dari masing-masing peserta tes SKD tahun ini cenderung lebih bagus daripada pelaksanaan sebelumnya.

Namun perlu diketahui, meskipun nilai bagus atau diatas passing grade, bukanlah jaminan peserta bisa lolos ke tahapan seleksi berikutnya.

Salah satu anggota tim sekretariat Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Catur Hermono mengatakan, akumulasi nilai peserta tes SKD tahun ini bisa dibilang cukup bagus dibanding pelaksanaan tes tahun sebelumnya. Kemungkinan hal ini disebabkan karena kesiapan peserta.

“Banyak peserta yang tahun sebelumnya ikut tes, jadi mereka sudah mempersiapkan diri. Ada juga yang mencapai nilai total 400,” jelasnya.

Namun demikian lanjut Catur, meski nilai diatas passing grade hal ini tidak membuat peserta lolos dan bisa mengikuti tes selanjutnya yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pasalnya, persaingan dari formasi yang dipilih juga menjadi bahan pertimbangan.

“Misalnya ada formasi CPNS yang membutuhkan tiga orang, maka yang akan mengikuti SKB hanya 9 peserta dengan nilai terbaik,” terangnya.

Baca Juga  Bupati Tulungagung Tinjau Pelaksanaan Tes SKD CPNS, Pastikan Pelaksanaan Lancar

Artinya lanjut Catur, peserta lain yang nilainya diatas passing grade namun diluar sembilan besar ini akan tercoret.

“Ini sudah sistem yang berjalan, sebagai Panselda kami hanya menerima hasilnya dan menginformasikannya kepada peserta,” imbuhnya.

Catur menambahkan, selama tiga hari pelaksanaan tes di Crown Victoria Hotel ini, ada beberapa catatan yang membuat Panselda menerapkan beberapa aturan tambahan. Ia mencontohkan, seperti menyediakan pembalut bagi peserta wanita. Sebab, dalam dua hari pelaksanaan tes ini, pihaknya menemukan peserta yang mengompol hingga pembalutnya bocor.

“Peserta yang sakit maupun hamil jadi prioritas, kami juga menyediakan pembalut karena ada peserta yang mengompol dan pembalutnya bocor sampai mengenai kursi” pungkasnya. (yp/an)

vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed