oleh

Mahasiswa IAIN Tulungagung Minta Tuntaskan Kasus Korupsi di Daerah

Ratusan Mahasiswa IAIN Tulungagung saat menunggu kedatangan KPK sambil menggelar aksi di pintu masuk gerbang utama kampus

Tulungagung, (Afederasi.com) – Ratusan mahasiswa Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung menggelar aksi “Kami Bersama KPK” di pintu gerbang utama kampus pada Selasa (17/9) siang. Mereka menyerukan agar lembaga anti rasuah tersebut tetap tegar meski saat ini diterpa isu-isu yang beragam.

“KPK harus lebih kuat dan tangguh dalam menghabisi para koruptor,” tegas koordinator aksi Depta Ikrar Nalendra.

Depta mengatakan, selain memberikan dukungan terhadap pimpinan baru KPK, pihaknya juga menuntut internal KPK agar mandiri dan lebih Independen dalam mengungkap sebuah kasus. Menurutnya, penyelesaian kasus-kasus lama yang berhenti juga harus segera dituntaskan.

“KPK jangan sampai kecolongan terhadap uang negara yang diambil koruptor yang begitu bebas mengambil uang rakyat,” katanya.

Tak hanya ditingkat nasional lanjut Depta, pihaknya juga meminta agar kasus korupsi lokal seperti di Kabupaten Tulungagung juga segera dituntaskan. Jangan sampai dengan adanya pergantian pimpinan KPK yang baru justru membiaskan perkara.

“Meski sudah ada yang ditahan dan ditetapkan sebagai tersangka, namun kami melihat ini belum tuntas,” imbuhnya.

Disinggung terkait revisi undang-undang KPK yang tengah ramai diperbincangkan, mahasiswa semester V jurusan Aqidah Filsafat Islam tersebut memilih untuk mendukung penguatan KPK, bukan sebaliknya. Artinya, selama itu untuk menguatkan posisi KPK maka pihaknya akan mendukung langkah tersebut.

“Kami akan terus mengawal KPK, hal-hal yang bisa kami lakukan salah satunya dengan cara menggelar aksi-aksi seperti ini,” pungkasnya.

Sementara itu berdasarkan pantauan pewarta, sebelum bus roadshow KPK tiba di kampus IAIN Tulungagung, tampak ratusan mahasiwa menggelar aksi “Kami Bersama KPK”.

Mereka tampak berorasi, bernyanyi, dan meneriakkan yel-yel mendukung KPK. Bahkan beberapa mahasiswa juga tampak membawa berbagai atribut bertuliskan #save KPK, kami bersama KPK, KPK jangan lemah, selamatkan Indonesia dan sebagainya.

Kemudian setibanya bus roadshow KPK, mereka memberikan kuliah umum kepada ratusan mahasiswa dan dosen IAIN Tulungagung. Adapun sebagai pemateri yakni Penasehat KPK M Tsani Annafasari dan Direktur Pembinaan Jaringan Kerjasama Instansi KPK Sujanarko. (faj/ra/am)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed