oleh

Keinginan Pindah Tertunda, Syahri Mulyo Dibutuhkan untuk Penyidikan dan Persidangan KPK

Syahri Mulyo

Sidoarjo (Afederasi.com) – Keinginan mantan Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo pindah ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B setempat masih tertunda. Meski status hukumnya politisi PDIP itu sudah inkrah atau berkuatan hukum tetap.

Kini Syahri Mulyo masih dititipkan di Lapas Klas  II A Sidoarjo untuk kepentingan penyidikan dan persidangan pengembangan kasus suap proyek infrastruktur yang ditangani oleh KPK.

“Berdasarkan keterangan beliau (Syahri Mulyo-red). Dia masih dibutuhkan untuk kepentingan penyidikan dan persidangan,”ujar Hari Prasetyo.

Hari Prasetyo mengaku biasa berkomunikasi dengan Syahri Mulyo. Apabila dia dipindah ke Lapas II B Tulungagung. Sementara  dia dibutuhkan untuk kepentingan persidangan, misalnya di pengadilan tindak pidana korupsi (tipikor) di Surabaya, secara otomatis harus menempuh jarak yang jauh dari Tulungagung.  

Terpisah, Kepala Lapas Klas IIA Sidoarjo, Muhammad Sunani dikonfirmasi Afederasi.com menegaskan secara resmi memang Syahri Mulyo belum mengakukan pindah ke Lapas kelas IIB Tulungagung. Permintaan permindahan harus melalui prosedur yang berlaku. Jika narapidana meminta pindah sendiri secara otomatis semua pembiayaan ditanggung sendiri. Berbeda dengan yang mempunyai keinginan pindah demi keamanan. Maka seluruh biaya pindah ditanggung oleh lapas.

“Sejauh ini belum ada surat pengajukan perpindahan dari Syahri Mulyo secara resmi. Saya masih cek apa sudah komunikasi dengan kepala bidang (kabid),”katanya.

Dijelaskan biasanya jika ada permintaan pindah dari narapidana, yang bersangkutan mengkomunikasi dengan kepala bidang terlebih dahulu. Bidang pun masih berkonsultasi dari lembaga-lembaga penegak hukum yang  menangani kasus narapidana itu. Jika memang masih dibutuhkan untuk kepentingan penyidikan dan persidangan. Pengajuan pindah pun belum bisa diproses. Lapas kelas IIA hanya mengajukan pindah narapidana ke kantor wilayah Depkumham Jawa Timur.

“Semua yang memutuskan adalah Kanwil Depkumham,”Pungkasnya. (an/am)

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

News Feed