Selasa, 12 Oktober 2021, 08:05 WIB

Banjir Seret Bus Masuk ke Sungai di China

China, (afederasi.com) – Sebuah bus terseret masuk ke sungai di China utara, pada Senin (11/10/2021). Sedikitnya tiga orang penumpang bus itu tewas dan 11 lainnya masih dinyatakan hilang dalam insiden yang dipicu banjir akibat hujan lebat tersebut.

Video-video yang beredar di dunia maya menunjukkan, orang-orang berdiri di atas bus yang hampir tenggelam di sungai deras yang menerjang sebuah jembatan di luar kota Shijiazhuang, sekitar 265 kilometer dari barat daya Beijing.

Pihak berwenang di provinsi Hebei mengatakan dalam sebuah pernyataan di media sosial bahwa 37 dari 51 orang di dalam bus itu telah diselamatkan. Televisi pemerintah, CCTV, mengatakan bahwa tiga orang dalam bus itu dilaporkan meninggal sementara 11 lainnya belum ditemukan.

Di provinsi tetangganya, Shanxi, lebih dari 120.000 orang telah dievakuasi karena ribuan rumah ambruk dan 190.000 hektare lahan pertanian rusak akibat banjir.

Di provinsi tersebut, operasi di 60 tambang batu bara juga dihentikan karena banjir. Penghentian operasi itu terjadi sementara pemerintah berusaha mengatasi kekurangan listrik yang telah mempengaruhi industri dan bahkan banyak rumah.

Shanxi, yang biasanya merupakan daerah kering, juga telah menutup 166 lokasi wisata. Hujan deras merusak sepanjang 25 meter tembok kota bersejarah Pingyao, sebuah situs Warisan Dunia UNESCO.

Hujan terus-menerus adalah ancaman terbesar bagi bangunan-bangunan kuno yang terbuat dari tanah liat di kota itu, kata kantor berita pemerintah tersebut. (dn)

News Feed