Senin, 17 Mei 2021, 07:00 WIB

Tingkat Okupansi Hotel di Tulungagung Merosot, Ini Sebabnya

Tulungaung, (afederasi.com) – Tingkat okupansi hotel di Kabupaten Tulungagung turun drastis tinggal 10- 20 persen saja. Hal ini dampak dari himbauan larangan mudik lebaran 1442 H sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Persatuan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Nurwahidun. Menurutnya akibat adanya kebijakan larangan mudik, tingkat okupansi hotel di Kabupaten Tulungagung menurun.

“Untuk okupansi kamar hotel drop, tinggal 10 sampai 20 persen setiap hotel,” katanya.

Selain itu, Wahidun menyebut, akibat pandemi ada satu restoran di Kabupaten Tulungagung yang telah mengalami gulung tikar.

“Kalau anggota kami yang sudah gulung tikar, ada Warung Jos,” ujarnya.

Saat disinggung, apakah ada hotel di Tulungagung yang telah gulung tikar, Wahidun mengatakan, belum ada hotel yang gulung tikar diakibatkan pandemi. Hanya saja, menurutnya, sejumlah hotel melakukan pengurangan karyawan.

“Kalau hotel belum ada yang gulung tikar, cuma ada pengurangan jumlah tenaga kerja,” ungkapnya.

Tak hanya mengurangi jumlah tenaga kerja, Wahidun menuturkan, ada sejumlah hotel di Tulungagung melakukan sistem off.

Baca Juga  Pemerintah Anggarkan Rp699 Triliun, untuk Program PEN 2021

“Tapi ada hotel yang pakai sistem off. Seperti yang dilakukan hotel Narita, itu kan hanya tidak beroperasi berbulan-bulan,” tuturnya.

Lanjut Wahidun, menegaskan, karena tidak ada wisatawan dan pemudik, untuk saat ini anggota yang dinauinginya melakukan trobosan dengan membuka promo untuk acara halal bihalal dan buka bersama untuk menyasar pasar lokal.

“Kalau hari raya kan harapannya pemudik. Teman-teman ya hanya bersaing di pasar lokal. Seperti acara buka bersama dan halal bihalal,” tegasnya.

Kendati demikian, Wahidun menyebut, dalam penerapannya seluruh anggota perhotelan di Kabupaten Tulungagung telah menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kalau untuk prokes di hotel-hotel sudah siap, bisa dicek langsung,” pungkasnya. (rra/dn)

News Feed