oleh

Tahun 2020, Bandara Juanda Terbangkan 6,8 Juta Penumpang

Surabaya, (afederasi.com) – Bandar Udara Internasional Juanda menutup kinerja operasional Tahun 2020. Meski bergulat dengan pandemi Covid-19, namun bandar udara kebanggaan masyarakat Jawa Timur (Jatim) mencatat pergerakan lalu lintas sejumlah 6.801.099 penumpang.

“Pada Tahun 2020, kami menerbangkan 6,8 juta penumpang, 69.248 pergerakan  pesawat, dan 65.310.883 kilogram (kg) kargo,” kata General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Indah Preastuty, Selasa (12/1/2021)

Imdah mengatakan, capaian kinerja operasional tersebut masih didominasi penerbangan domestik, dikarenakan penerbangan internasional masih dilakukan terbatas. Sedangkan jumlah penumpang tertinggi pada masa pandemi Covid-19 terjadi pada bulan Desember yakni sejumlah 605.795 penumpang.

“Secara total, kinerja Bandara Juanda  menyumbang 21 persen dari total keseluruhan kinerja operasional perusahaan, dimana jumlah penumpang yang telah dilayani oleh 15 bandara di bawah kelolaan PT Angkasa Pura I (Persero) selama tahun 2020 sebanyak 31,8 juta dan 385 ribu pergerakan pesawat,” ungkapnya.

Namun, apabila dibandingkan dengan trafik tahun 2019 untuk Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya terjadi penurunan 59 persen. Pasalnya terdapat pembatasan perjalanan sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Menurutnya, meski secara total jumlah trafik tahun ini tidak setinggi kinerja tahun lalu namun data per bulan menunjukkan peningkatan, terutama sejak pertengahan tahun atau Triwulan III.

Baca Juga  Dispendukcapil Jemput Bola Layani Perekaman e-KTP

“Tren pertumbuhan trafik penumpang pesawat udara konsisten terjadi sejak bulan Juli. Bahkan pertumbuhan tetap terjadi sampai dengan Desember 2020, dengan tetap menjalankan kebijakan pengetatan dokumen syarat perjalanan angkutan udara,” ujarnya. 

Ia menjelaskan, hal ini menunjukkan tingkat kesadaran dan  kepercayaan masyarakat untuk menggunakan transportasi udara terus meningkat. Sebagai pengelola bandara, Juanda bersama instansi komunitas bandara tetap mengoptimalkan penerbangan baik dari dan menuju Bandara Juanda dengan tetap mengutamakan aspek keselamataan dan keamanan, yang mengacu pada aturan protokol kesehatan melalui proses pemeriksaan dokumen syarat penerbangan dan penyediaan fasilitas pendukung syarat penerbangan lainnya seperti layanan tes Covid-19.

“Untuk forecast traffic di tahun 2021 ini, jumlah penumpang diperkirakan akan mencapai 11,8 juta penumpang, sedangkan pergerakan pesawat diperkirakan akan mencapai 94.876 pergerakan,” kata Indah

Selain itu untuk kargo diperkirakan akan mencapai 63 juta kg. Menurut Indah pihaknya tetap optimis menghadapi tahun 2021.

“Kami meyakini bahwa kinerja tahun ini akan meningkat kembali, mengingat bahwa pemerintah segera akan mengeluarkan vaksin Covid-19 untuk masyarakat,” paparnya.

Baca Juga  Kapolda Jatim Berikan Kejutan di HUT Kodam V Brawijaya

Dirinya juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap memenuhi semua persyaratan untuk berpergian ataupun datang di Bandar Udara Internasional Juanda. Menurutnya, saat ini Bandara Juanda secara konsisten telah menerapkan protokol kesehatan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo scanner, pemasangan dispenser cairan pembersih tangan, pengaturan jarak di ruang tunggu, pemasangan stiker pembatas jarak antrian, hingga pembentukan tim sinergitas untuk patroli penerapan protokol kesehatan.

“Kami berharap kepercayaan pengguna jasa semakin meningkat seiring dengan peningkatan protokol kesehatan yang terus kami lakukan,” pungkas Indah. (dwd/yp)

News Feed