Senin, 17 Mei 2021, 08:00 WIB

Pelanggan Batalkan Reservasi, Hotel Berbintang Empat Rugi Ratusan Juta

Tulungagung,(afederasi.com) – Crown Victoria Hotel merugi ratusan juta rupiah. Pasalnya, kebijakan larangan mudik lebaran 1442 H sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, membuat sejumlah pelanggan memilih untuk membatalkan reservasi kamar hotel.

Sales Marketing Manager Crown Victoria Hotel Tulungagung, Arif mengatakan, lebaran merupakan moment yang seharusnya menjadi ladang meraup rezeki, kini berubah menjadi kerugian. Dia menyebut, akibat larangan mudik lebaran diberlakukan pihaknya mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

“Panennya kami itu kan periode lebaran, ada larangan mudik itu jelas sangat terasa. Kerugian kami kurang lebih berkisar Rp500 Juta ke atas,” katanya.

Arif menuturkan, dari larangan mudik, banyak pelanggan yang telah membayar reservasi kamar hotel yang kemudian dibatalkan.

“Kurang lebih ada 20 kamar sudah confirm, sudah bayar, mereka kemudian membatalkan, kami kembalikan uang mereka,” tuturnya.

Lebih lanjut Arif mengungkapkan, untuk menyiasati kerugian. Pihaknya melakukan trobosan dengan membuka paket buka bersama, dan promo halal bihalal.

Selain itu, dia menyebut, untuk menarik perhatian pelanggan, pihaknya melakukan kerja sama dengan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Baca Juga  Penumpang Bus di Terminal Gayatri Turun 60 Persen, Dampak Merebaknya Covid-19

“Sejak turun peraturan larangan mudik, kami langsung bikin promo, buka bersama, halal bihalal, dan pameran UMKM di sini (Crown Victoria Hotel-red),” ungkapnya.

Arif menambahkan, apabila nanti, ada pelarangan mengadakan promo acara, pihaknya mengaku akan mengirim surat ke pihak yang berwenang. Menurutnya, hal itu dilakukan, karena ada sebanyak 130 karyawan yang menggantungkan hidup dari acara dan reservasi kamar.

“Kalau mengadakan promo acara dilarang, kami sudah angkat tangan. Semisal ada pelarangan, kami akan kirim surat ke dinas terkait, karena di sini ada 130 karyawan yang harus dicukupi,” pungkasnya. (rra/dn)

News Feed