oleh

Imbas Covid-19 Dua Investor Asing Tunda Investasi

Tulungagung, (afederasi.com) –  Mewabahnya Covid-19 berdampak pada investasi asing di Kota Marmer. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) setempat mencatat, setidaknya ada dua investor asing terpaksa menunda proses perizinan,

“Sebenarnya ada dua investor yang sudah mulai mengurus perizinan. Karena ada pandemi, mereka terpaksa menunda prosesnya,” kata Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tulungagung Marjadji melalui Kabid Penanaman Modal Suhartono.

Suhartono melanjutkan, kedua investor tersebut berasal dari Korea dan China. Keduanya berencana mengembangkan sektor pariwisata dan perdagangan di wilayah pantai Selatan dan akses menuju bandara udara yang akan dibangun di Kediri.

“Mereka juga sudah sempat survei lokasi,” terangnya.

Tetapi sejak Covid-19 mewabah, sejauh ini keduanya belum ada kabar lagi. Padahal, dua investor tersebut cukup berpotensi menyerap lapangan pekerjaan.

Masih menurut Suhartono, namun berbeda halnya dengan investor lokal. Pada triwulan ketiga, pihaknya mencatat ada ratusan investor yang masih bertahan.

“Dari data yang sudah terdaftar dan mempunyai Nomor Induk Berusaha (NIB) tercatat 353 investor,” jelasnya.

Baca Juga  Libur Panjang, Penumpang Bandara Juanda Tembus 16.000 per Hari

Adapun sektor investasi yang mendominasi disaat pandemi Covid-19 yakni, perdagangan dan reparasi sebanyak 37,81 persen, hotel dan restoran 12,25 persen, industri makanan 8,96 persen.

Kemudian tanaman pangan, perkebunan, dan peternakan 7,14 persen, dan jasa lainnya 2,97 persen.

Suhartono menegaskan, meski diterpa pandemi Covid-19, investor lokal ini tidak ada yang membatalkan. Terlebih, untuk proses pengurusan  perijinan sudah dipermudah dengan layanan OSS (Online Single Submission) atau layanan online yang langsung berpusat kepada sistem pusat untuk layanan birokrasi dan mempermudah para pelaku usaha.

“Kita sediakan ruang untuk pengarahan kalau ada investor yang mau daftar dari kantor,” ujarnya. (is/yp)

News Feed