oleh

Andalkan Pemasaran Digital, 50 Persen IKM Kembali Beroperasi

Tulungagung, (afederasi.com) – Sekitar 50 persen dari jumlah 2.905 Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Tulungagung mulai beroperasi lagi. Selama ini IKM berjalan di tempat karena pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Lilik Wijayanti  pada acara sosialisasi kebijakan dan pembinaan IKM di ruang  Prajamukti Pemkab, Senin (19/10/2020).

Menurutnya mulai bangkitnya IKM setelah mereka mempromosikan produk-produk unggulan ke forum-forum digital merupakan salah satu strategi agar terus bisa survive selama pandemi ini.

“IKM terus bertahan dan perlu inovasi pemasaran. Salah satunya membawa produk unggulan ke forum-forum digital,” jelasnya.

Lilik menjabarkan dampak dari pandemi Covid-19 ini sangat besar terhadap sektor ekonomi masyarakat. Diantaranya mereka kesulitan untuk mendapatkan bahan baku dan cara pemasarannya. 

“Sulitnya mendapatkan bahan baku dan pemasaran adalah kendala yang paling besar bagi para pelaku IKM,” paparnya.

Lanjut lilik, kalau biasanya para pelaku IKM diikutkan dalam event pameran-pameran, sedangkan selama pandemi ini jarang ada event. Apalagi pemasaran yang sampai ke luar Tulungagung pun terhambat.

Baca Juga  Setelah Belasan Truk, Kini Giliran Eksavator Disita Polisi

“Mulai sekarang satu-satunya solusi bagi IKM ya dalam forum-forum digital,” lanjutnya. (ziz/am)

News Feed