oleh

12 Perusahaan Terbaik Boyong Penghargaan OP Tanjung Perak

Surabaya, (afederasi.com) – Kantor Otoritas Pelabuhan (OP) Utama Tanjung Perak Surabaya kembali memberikan penghargaan kepada 12 perusahaan yang dinilai berprestasi.

Pemberian penghargaan ini merupakan agenda rutin tahunan seluruh insan maritim. Harapannya, agar mereka terus berkarya dan dapat menciptakan legacy bagi kemajuan masyarakat bangsa dan negara.

Penghargaan tersebut terbagi menjadi empat kategori ditinjau dari optimalisasi pekerjaan dan fungsinya. Seperti, administrasi, kesesuaian dengan peraturan, serta memenuhi prinsip good corporate governent, kinerja tercapai dan sehat.

Keduabelas perusahaan penerima penghargaan tersebut yakni, Kategori 2 terbaik operator terminal berdasarkan kinerja pelayanan operasional yakni PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dan PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (BJTI).

Kategori 2 terbaik terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS), yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT Pelindo Marine Service. Kategori 3 terbaik perusahaan keagenan kapal yakni PT Mutiara Tirta Dewata, PT Samudera Agencies Indonesia, dan PT Global Shipping Indonesia.

Selanjutnya kategori 3 terbaik perusahaan jasa pengurusan transportasi (JPT), yakni PT Sunan Inti Trans, PT Perwinda Transcotama, dan PT Dirgantara Surya Persada. Kemudian, kategori 4 terbaik kinerja pengelolaan lingkungan hidup yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Terminal Teluk Lamong, PT PAL Indonesia (Persero), dan PT Terminal Petikemas Surabaya.

Baca Juga  Beli Sabu Pakai Uang Jual Motor Curian

“Dengan pemberian penghargaan ini diharapkan akan memunculkan feedback yang positif dari masyarakat terhadap pelayanan khususnya OP Tanjung Perak dan Pelabuhan Tanjung Perak pada umumnya,” kata Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) yang juga ketua panitia, Azhar Karim.

Azhar melanjutkan, empat kategori ini penilainnya berdasarkan kinerja pelayanan operasional, kategori terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS), kategori perusahaan keagenan kapal, kategori perusahaan jasa pengurusan transportasi (JPT) dan kinerja pengelolaan lingkungan hidup.

“Secara keseluruhan, imbal balik selama ini sudah tertata dan terbina dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala OP Tanjung Perak Arif Toha di sela pemberian penghargaan kinerja operasional pelabuhan terbaik tahun 2020 ini meminta, jika ada pelaporan atas temuan biaya tak resmi harap melengkapi data dukung yang mumpuni. Ia berharap, respon positif yang diberikan tersebut mampu memperbaiki sistem, sekaligus membenahi pelayanan OP Utama Tanjung Perak.

“Agar tekat menjadi lebih baik bisa terwujud,” pinta mantan Sesditjen Perhubungan Laut ini sembari menyebut nomor Hotline pelayanan pengaduan.

Baca Juga  Komisi III DPR RI Soroti Hakim dan Panitera Bermasalah di Jatim

Karenanya Arif juga berharap, ada kolaborasi untuk tetap bersinergi mewujudkan pelabuhan Tanjung Perak sebagai salah satu simbol utama aktivitas rantai logistik nasional yang cepat mudah dan selamat.

Pada kesempatan pemberian apresiasi kepada insan-insan maritim, pelaku jasa kepelabuhanan dan jasa terkait kepelabuhanan, Arif menegaskan, seluruh insan pelabuhan bertekat menjunjung tinggi integritas dan memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dengan semboyan ISO REK, yang artinya Integritas Semangat Optimis Responsif Exelence dan Kreatif,” tukasnya. (al/yp)

News Feed