oleh

Waspada Pasien Positif Covid-19 Kembali Bertambah

Tulungagung, (afederasi.com) – Warga Kota Marmer harus benar – benar meningkatkan kedisiplinan terhadap penerapan protokol kesehatan (prokes). Melihat tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung, pada Sabtu (29/8/2020) kembali merilis 3 nama pasien baru yang terkonfirmasi positif coronavirus disease 2019 (Covid-19).

“Harini kami mendapat laporan adanya tambahan 3 pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19, jadi jumlah kumulatif hingga harini sebanyak 282 orang, dengan rincian 265 sembuh, 3 meninggal dunia, dan 5 orang menjalani perawatan serta 9 orang menjalani isolasi,” ungkap Wakil Juru Bicara Tim GTPP Covid-19, Galih Nusantoro, Sabtu (29/8/2020).

Adapun tiga kasus baru ini diantaranya MAO (27) warga Kecamatan Ngunut, RI (41) warga Kecamatan Kedungwaru dan RY (26)  warga Kecamatan Boyolangu.

Galih menjelaskan MAO inimerupakan pelaku perjalanan dari Kalimantan dan terjaring saat melakukan pemeriksaan swab di RSIA Aminah Blitar tanggal 24 Agustus lalu. Dimana, pemeriksaan swab itu sebagai syarat untuk kembali ke Kalimantan.

“Dan hasilnya keluar pada hari ini yang menyatakan MAO terkofirmasi positif COvid-19. Pihak tim reaksi cepat bidang kesehatan sudah melakukan tracing dengan melakukan pemeriksaan swab terhadap 4 kontak erat dengan MAO. Sedangkan untuk saat ini MAO menjalani isolasi di Rusunawa,” jelasnya.

Baca Juga  Tiga Orang Diindikasi Terpapar Corona, Dua Diantaranya dari Perbankan

Selanjutnya pasien kedua yakni RY, dimana RY ini memiliki kontak erat dari kasus supek terkonfirmasi ES yang di release pada 24 Agustus lalu.

Sebelumnya, tim reaksi cepat bidang kesehatan melakukan tracing terhadap ES. Hasil tracing terhadap orang yang pernah kontak erat dengan ES sebanyak 9 orang dan dilakukan pemeriksaan swab.

“Hasilnya 7 orang dinyatakan negatif Covid-19 dan 2 orang positif Covid-19 yakni MGTyangdi release pada 28 Agustus kemarin dan RYdi release hari ini 29 Agustus. Untuk saat ini RYmenjalani isolasi di Rusunawa,” katanya.

Kemudian pasien inisial RI ini merupakan pelaku perjalanan yang berdomisili di Kecamatan Kedungwaru. RIterjaring saat melakukan pemeriksaan swab pre-operasi di RSUD dr. Iskak Tulungagung.

Sebelumnya RI memiliki riwayat kecelakaan pada tanggal 27 Juni lalu  dan mengalami fraktur lengan kiri dan selama ini hanya dilakukan pengobatan tradisional. Kemudian RI berobat ke Poli bedah RSUD dr. Iskak tanggal 25 Agustus dan dilakukan pemeriksaan swab sebagai syarat tindakan pre-operasi.

“Dari hasil pemeriksaan swab itulah diketahui jika RI positif Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga  Pasien Positif Covid-19 Bertambah 1.671 Orang, dan Sembuh 1.190 Orang

Tim GTPP Covid-19 Tulungagung selain merilis nama pasien baru positif Covid-19, pihaknya juga mendapatkan laporan adanya pasien sembuh dari Covid-19. Dia adalah SMT (Sumartun) (49) warga Kecamatan Pagerwojo, sebelumnya SMT ini merupakan pelaku perjalanan.

Galih menambahkan dengan adanya kasus baru pasien positif Covid-19, ini menandakan bahwa penularan Covid-19 masih ada. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan patuh menjalankan protokol kesehatan dalam menjalani aktifitas sehari-hari. (dn)

News Feed