oleh

Tujuh Perguruan Silat Deklarasi Damai, Jaga Pilkada dan Keamanan Desa

Banyuwangi, (afederasi.com) – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 4 Desember mendatang, tujuh perguruan silat yang ada di Kecamatan Pesanggaran melaksanakan deklarasi bersama. Hal ini untuk menjaga keamanan kampung dan ikut mensukseskan berlangsungnya Pilkada.

Deklarasi bersama itu dilaksanakan pada Jum’at (28/8/2020) di halaman Polsek Pesanggaran, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, (28/8/2020).

Tujuh perguruan silat itu terdiri dari Setia Hati Teratai (PSHT), IKS Kera Sakti, Pagar Nusa, Merpati Putih, Perisai Diri, bela diri cimande-cimonkey, dan Budi Suci. Deklarasi itu, dilakukan langsung di hadapan seluruh Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) Pesanggaran.

“Deklarasi ini untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban kondisi wilayah,” ujar Camat Pesanggaran, Sugiyo Dermawan.

Sugiyo mengatakan, deklarasi ini untuk menyongsong Pilkada 2020. Dengan adanya deklarasi ini, diharapkan dapat mengantisipasi adanya konflik antara perguruan maupun masyarakat yang ada di Kecamatan Pesanggaran.

“Dengan deklarasi ini semua konflik nantinya bisa diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat, kami Forpimka siap memediasi,” katanya.

Sugyo berharap deklarasi ini bukan hanya formalitas saja. Tapi, bisa berkelanjutan kedepannya. Agar, wilayah Kecamatan Pesanggaran bisa aman, tentram dan damai.

Baca Juga  Cari Mangsa, Ular Phyton Tiga Meter Gegerkan Warga

“Jika masyarakat damai, jelas wilayah Kecamatan Pesanggaran tidak akan ada lagi konflik yang terjadi,” terangnya.

Kapolsek Pesanggaran, AKP Subandi menjelaskan, deklarasi jogo pesanggaran selain merangkul seluruh elemen perguruan yang ada di Kecamatan Pesanggaran, pihaknya turut melibatkan tokoh pemuda, tokoh agama dan seluruh perangkat desa untuk bersama – sama menjaga wilayah.

“Dengan deklarasi ini, seluruhnya sepakat untuk menjaga wilayahnya. Agar, tidak ada konflik yang terjadi,” katanya.

Dengan deklarasi ini diharapkan seluruhnya dapat bersama-sama dan berkomitmen untuk menjaga kondusifitas wilayah. Seluruh tokoh pemuda dan perwakilan yang datang tersebut, nantinya bisa menyampaikan kepada para anggotanya untuk deklarasi atau ikrar yang disepakati bersama tersebut.

“Ada tujuh item deklarasi yang disepakati, salah satunya saling menjaga wilayah dan mensukseskan Pilkada 2020,” ungkapnya.

Subandi menambahkan, deklarasi ini nantinya akan digaungkan sampai ke tingkat paling rendah yaitu RT/RW yang ada di seluruh desa.

“Semuanya akan ikut menggaungkan bersama deklarasi tersebut, sampai ke keluarganya masing-masing,” paparnya. (ron/am)

News Feed