oleh

Tolak RUU HIP, GMBI Datangi DPRD Indramayu

Indramayu, (afederasi.com) – Aksi unjuk rasa penolakan terhadap Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) masih terus berlanjut. Tidak hanya di Jakarta, aksi tersebut juga dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM-GMBI) Kabupaten Indramayu. Mereka meminta pencabutan dan pembatalan RUU HIP. Hal tersebut terungkap dalam aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Indramayu, Selasa (30/6).

Aksi yang diikuti oleh ratusan masa yang tergabung dalam LSM GMBI ini untuk menyatakan sikap penolakan terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang saat ini ramai diperbincangkan di Indonesia.

Ketua Distrik LSM GMBI, Indramayu Ono cahyono mengatakan, dalam aksi ini, ada beberapa tuntutan yang kami sampaikan kepada  DPRD Indramayu, salah satunya menolak Rancangan Undang-Undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP).

“Kami dengan tegas menolak RUU HIP dan meminta kepada DPRD Indramayu untuk menyampaikan penolakan RUU HIP ini kepada DPR – RI. Serta meminta agar DPR RI segera mencabut RUU HIP dari Prolegnas (Program Legislasi Nasional) bukan menundanya,” tegasnya.

Baca Juga  Berbagai Poster Lucu Beredar Pada Aksi Mahasiswa

“Untuk itu, kami meminta agar DPRD Kabupaten Indramayu menyampaikan aspirasi ini kepada DPR RI,” ujarnya.

Penolakan RUU HIP ini, lanjut Ono, dikarenakan disalah satu pasal 7 ayat 2 yang menyatakan ‘Ketuhanan yang berbudaya’, padahal Indonesia Berketuhanan Yang Maha Esa. Dan ini sudah sesuai dengan yang dituangkan dalam Bhineka Tunggal Ika, walaupun kita berbeda-beda agama, tetapi tetap satu ketuhanan kita yaitu Yang Maha Esa,” tegasnya.

Sebagai bentuk kecintaan pada ideologi Pancasila, LSM – GMBI siap menjadi garda terdepan dan siap mati untuk menolak RUU HIP.

Sementara, Ketua DPRD Indramayu Saefudin yang menerima beberapa perwakilan dari GMBI ini, mengatakan, pihaknya akan menyampaikan aspirasi dari LSM GMBI ini ke DPR RI.

“Aspirasi ini akan kami teruskan ke DPR RI, Sebagai wakil rakyat yang duduk di DPRD Indramayu mendukung penuh tuntutan GMBI  untuk menolak RUU HIP,” ujarnya.

Walaupun sebenarnya saat ini, sedang ada agenda rapat paripurna. tapi demi menghargai dan menampung aspirasi dari LSM GMBI maka rapat paripurna kami tunda terlebih dahulu.

Baca Juga  Karyawan Demo di PG Olean, Sejumlah Wartawan Dilarang Meliput

Menurutnya, GMBI merupakan salah satu elemen masyarakat yang berhak menyampaikan aspirasi kepada kami sebagai wakil rakyat dan kami sebagai wakil rakyat harus menerima aspirasi mereka.

“Bagi saya semuanya penting, kalau kita menunda paripurna sementara tidak masalah, yang penting aspirasi masyarakat tersampaikan,” tegasnya.(isk/am)

News Feed