oleh

Tidak Memakai Masker, Belasan Orang Terjaring Operasi Yustisi

Lamongan, (afederasi.com) – Kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan (prokes) terutama penggunaan masker yang benar di Kota Soto ternyata masih rendah. Buktinya, setiap digelar Operasi Yustisi, tetap saja banyak ditemukan pelanggar.

Seperti halnya Operasi Yustisi yang digelar oleh petugas gabungan dari unsur TNI/Polri dan dinas terkait di depan Pendopo, Kamis (15/10/2020). Dalam operasi yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Lamongan AKP Fadelan, menjaring belasan orang tidak memakai masker.

AKP Fadelan mengatakan kegiatan operasi yustisi Perda Provinsi Jawa Timur ini menyasar pengendara roda dua maupun roda empat yang tidak memakai masker.

“Bagi pengendara yang tidak menggunakan masker dilakukan penindakan tipiring sesuai Pasal 20, 27 dan 49 Perda Provinsi Jatim Nomor 02 tahun 2020 dengan denda maksimal Rp 250.000.,- atau kurungan penjara paling lama 3 bulan,” jelasnya.

Fadelan melanjutkan, sedangkan untuk masyarakat yang ditindak dengan blangko tipiring, sidang dilakukan secara virtual di Pendopo Kecamatan Tikung.

“Sebanyak 3 orang tipiring, 10 orang sanksi sosial, teguran tertulis 10, dan teguran 121 orang,” bebernya.

Baca Juga  Yes-Bro Komitmen Jadikan Makam Jaka Tingkir Ikon Wisata Budaya

Dalam kesempatan itu, Fadelan minta masyarakat disiplin melaksanakan Protokol kesehatan. Disiplin  adalah vaksin terbaik saat ini untuk mencegah penularan virus Covid-19.

“Selalu menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah maupun saat perjalanan menggunakan kendaraan apapun merupakan protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan,” tukasnya. (ra/yp)

News Feed