oleh

Terobosan Kreatif Layanan Kebutuhan Khusus

Trenggalek, (afederasi) – Salah satu terobosan kreatif Satlantas Polres Trenggalek yang mendapatkan tanggapan positif dari sejumlah kalangan masyarakat adalah Selasa Melayani Difabel (Sambel Mantap).

Apresiasi tersebut diberikan atas kepedulian jajaran Satlantas terhadap para penyandang difabel untuk tetap berkarya ditengah kekurangannya dengan kemudahan mendapatkan SIM D.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring melalui Kasatlantas AKP Imam Mustolih menjelaskan, berbagai prioritas yang diberikan dalam program ‘Sambel Mantap’ tersebut selain pendampingan penuh dari petugas khusus juga tidak perlu mengantri sebagaimana pemohon lainnya sehingga proses layanan menjadi lebih cepat dan mudah.

“Untuk hari ini, ada beberapa orang difabel dari Kecamatan Gandusari yang memanfaatkan layanan Sambel Mantap ini. Kita layani dengan baik, dan diberikan pendampingan oleh petugas khusus mulai dari proses pendaftaran sampai selesai,” ungkapnya, Selasa (1/12/2020).

Disampaikan AKP Imam, layanan Sambel mantap ini juga dapat dinikmati masyarakat difabel pada saat digelar ‘Layar Tancep’. Yakni layanan masyarakat terpadu dan cepat yang digelar seminggu sekali berkeliling di kecamatan atau desa di Kabupaten Trenggalek secara bergilir.

Baca Juga  Hari Terakhir Liburan, Petugas Putar Balik Wisatawan

Menurutnya, Sambel Mantap atau Selasa melayani difabel ini sekaligus menyambut hari disabilitas internasional yang jatuh pada 3 Desember 2020.

“Jadi Sabel Mantap ini sebuah layanan yang memberikan prioritas khusus bagi masyarakat difabel untuk memperoleh SIM D,” terangnya.

AKP Imam juga menjelaskan, tidak hanya prioritas antrian bagi para penyandang difabel yang datang ke Mapolres. Namun juga disediakan layanan antar jemput plus mendapat bonus tali asih langsung dari Kapolres Trenggalek.

“Iya benar, menyambut Hari Disabilitas Internasional, kami sengaja memberikan berbagai akses kemudahan bagi saudara-saudara kita penyandang difabel yang berkeinginan memperoleh SIM D,” pungkasnya. (pb/yp)

News Feed