oleh

Sidang Kedua Pembunuh Mertua Sekda Lamongan Bakal Digelar, ini Agendanya

Lamongan, (afederasi.com) – Sidang kedua kasus pembunuhan terhadap Rowaini (68) warga Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng yang juga ibu mertua dari Sekda Lamongan Yuhronur Efendi akan digelar pada Kamis (25/6/20).

Dalam sidang tersebut juga akan menghadirkan dua terdakwa yakni Imam Winarto yang berperan sebagi eksekutor, dan Sunarto selaku otak pembunuhan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Lamongan Irwan Syafari mengatakan, untuk terdakwa Sunarto agenda sidangnya tergantung apakah nanti ada eksepsi atau keberatan dari pihak penasehat hukumnya. Pasalnya. pada sidang perdana yang digelar Kamis (18/6/2020) lalu dengan agenda pembacaan dakwaan, penasehat hukum (PH) terdakwa Sunarto tidak hadir.

“Untuk terdakwa Sunarto kita tungu dulu PH nya, katanya.

Irwan menjelaskan, jika pada sidang besuk ini PH terdakwa Sunarto tidak mengajukan eksepsi, maka sidang selanjutnya bisa langsung diagendakan  pemeriksaan saksi. Agenda ini sama halnya dengan agenda sidang dengan terdakwa Imam Winarto.

“Dilihat saja nanti, apakah ia (PH Sunarto-red) mengajukan keberatan atau tidak, karena itu adalah menjadi hak mereka,” jelasnya.

Baca Juga  Gempar, Dua Rumah Warga Terbakar Sekaligus

Irwan melanjutkan, meskipun keduanya memiliki peran yang berbeda yakni Imam Winarto sebagai eksekutor dan Sunarto sebagai otaknya, namun mereka terancam dengan hukuman yang sama yakni penjara seumur hidup dan maksimal hukuman mati.

Seperti yang diketahui, terdakwa Sunarto di hadapan polisi dahulu mengaku menginginkan korban Rowaini tewas karena dendam kepada korban. Dimana rencana pembunuhan dilakukan pada November 2019 di warung terdakwa Imam Winarto.

Ketika itu, Sunarto menyuruh Imam Winarto untuk membunuh korban Rowaini dengan imbalan uang sebesar 200 juta.

Saat ditemukan, Rowaini dalam keadaan tewas terkapar di lantai tempat salat di dalam rumahnya masuk Desa Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng pada 3 Januari 2020 yang lalu.

Jenazahnya dalam keadaan bersimbah darah dengan luka bacok pada pangkal leher kiri dan lengan tangan kiri. (ra/yp)

News Feed