oleh

Siap-siap Mendaftar, KPU Segera Rekrut 1270 PPDP

Situbondo, (afederasi.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo segera melakukan rekrutmen kepada  1.270 Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP). Itu setelah KPU memastikan jika proses persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak dilaksanakan pada Desember 2020 mendatang.

“Kita rekrut dulu PPDP sembari menunggu PKPU yang baru, kaitannya dengan teknis kerja PPDP ditengah covid-19 ini. Jadi nantinya seperti apa kinerja PPDP itu,” jelas Ketua KPU Situbondo, Marwoto, kepada wartawan, Selasa (23/6/2020).

Masih menurut Marwoto, setelah ada ketetapan PKPU kaitannya dengan sistem Pencocokan dan Penelitian (coklit) yang akan dilakukan PPDP. Maka KPU akan segera menggelar bimbingan teknis bagi petugas coklit tersebut, untuk selanjutnya PPDP segera bekerja sesuai tahapan.

“Jadi di PKPU itu kan nantinya akan muncul beberapa strategi kerja dalam pencoklitan, apakah nanti teknisnya secara virtual, atau menggunakan aplikasi Wahatsapp, kami juga belum mengetahuinya,” bebernya lagi.

Bagaimana dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS) ?. Marwoto mengaku, jika pihaknya sudah menerima data dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), termasuk data dari Pemilu terakhir. Selain itu, KPU juga menyandingkan data dengan Dinas Kependudukan dan Pencatata Sipil (Dispendukcapil), untuk dijadikan data sementara.

Baca Juga  Penyandang Disabilitas Dilibatkan dalam Pemenangan Pilwali

“Jadi untuk DPS itu kami sudah ada tiga filter data, data dari Kemendagri dan DPT Pemilu terakhir beberapa waktu lalu, juga jami sandingkan dengan data di Disdukcapil. Dari data itulah akan muncul data A-KWK, yang nantinya akan jadi bahan untuk dicokilik menjadi DPS,” terang Marwoto lagi.

Masih menurut Marwoto, dalam proses coklit dari data model A-KWK, PPDP memiliki tugas untuk melakukan pemuktahiran, dengan melakukan sistem penyepadanan data pemilih, mencoeret NIK yang mencurigakan, termasuk mencoret data pemilih yang sud lah pindah tempat, maupun yang meninggal, untuk selanjutnya data tersebut aian menjadi DPT.

Diketahui, DPT Kabupaten Situbondo pada Pemilu terakhir mencapai 520 ribu lebih, data itu bisa saja bertambah maupun sebaliknya pada pilkada serentak di Situbondo. Sementara untuk jumlah TPS, diketahui ada 1270 yang tersebar di 132 desa dan empat Kelurahan.(ari/am)

News Feed