oleh

Sebarkan Ujaran Kebencian, IRT Diciduk Ditreskrimsus Polda Jatim

Surabaya, (afederasi.com) – Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial UZ (28) warga Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan diciduk anggota Direktorat Reserse dan Kriminal (Ditreskrimsus) Polda Jatim.

Pasalnya, perempuan yang memiliki paras ayu tersebut diduga melakukan ujaran kebencian di media sosial facebook terhadap pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Miftahul Ulum Panyeppen Pamekasan RKH Muddastsir.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andhiko mengatakan, kasus ujaran kebencian ini dilaporkan oleh Ra Maltuf yang tak lain adalah alumni dari Ponpes Panyepen. Pelapor ini merasa keberatan dengan unggahan status UZ di akun facebook bernama suteki.

“Pelapor merasa kalimat yang diunggah UZ mengandung ujaran kebencian dan penghinaan,” katanya.

Dalam unggahan status tersebut, UZ mengkritisi terkait penanganan Covid-19 di Ponpes Panyepen dengan menulis ;

‘ajaran pondoknya juga meng-ibliskan orang yg berbeda pendapat ? ya nangis Rosulullahnya.

Lagian itu mayat sudah ditayamumkan. Ilmu agama kok setengah-setengah. Coba kyainya suruh belajar ke Gus Baha. Kok yakin ini bukan dawuh kyainya beneran.’

Baca Juga  Jaringan Narkoba Malaysia Masuk Jatim, Sita 32 Kg SS Pakai Kurir Perempuan

Trunoyudo melanjutkan, berbekal aduan tersebut pihaknya langsung melakukan penyelidikan. Setelah ditelusuri, ternyata akun tersebut dibuat oleh seseorang yang bernama Sugeng warga Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan.

“Setelah keberadaannya diketahui, petugas langsung menginterograsinya,” katanya.

Kepada petugas lanjut Trunoyudo, Sugeng ini mengatakan jika hanya membuat akun facebook Suteki saja. Ia juga mengatakan tidak pernah membuat status terkait ujaran kebencian.

“Ternyata akun tersebut selama ini dikelola oleh UZ tetangganya,” imbuhnya.

Tak mau kehilangan momentum, petugas pun langsung mendatangi rumah UZ. Hasilnya, ternyata UZ mengakui semua perbuatannya.

“Untuk keperluan pemeriksaan, UZ kami amankan di Mapolda,” tukasnya. (al/yp).

News Feed