oleh

Satu Karyawan bank BUMN dilaporkan Sembuh dari Covid-19, Kini 13 lainnya Masih Jalani Karantina

Tulungagung, (afederasi.com) – Satu pasien dari klaster perbankan telah dinyatakan sembuh dari coronavirus disease 2019 (Covid-19), yakni Febri Widian (FW) warga Kedunganyar 8/57, RT4/RW3, Desa Sawahan, Surabaya. Dengan demikian masih ada 13 pasien dari klaster perbankan yang masih menjalani karantina di rusunawa IAIN Tulungagung.

“Ada 39 pasien yang dinyatakan sembuh. Dari jumlah itu, satu nama pasien dari klaster perbankan yakni Febri Widian,” ungkap wakil juru bicara (jubir) satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung,Galih Nusantoro.

Galih menjelaskan, Febri Widian (FW), salah satu karyawan bank BUMN yang terkonfirmasi terinfeksi SARS-Cov-2 pada 11 Juni lalu. Pria 35 tahun ini resmi dinyatakan sembuh setelah menjalani dua kali swab yang menunjukkan hasil negatif.

Sebelumnya, Febri merupakan pelaku perjalanan daerah terjangkit (PPDT) dari Surabaya. Saat itu hasil rapid menunjukkan reaktif, sehingga petugas melakukan pengambilan swab untuk dilakukan pemeriksaan PCR.

“Dengan demikian, hingga saat ini untuk Klaster karyawan BUMN tersisa 13 orang yang masih terkonfirmasi positif Covid-19,” jelasnya.

Baca Juga  Pasien Positif Covid-19 Bertambah, Dua Orang merupakan Karyawan BUMN

Sebelumnya, pasca temuan salah satu karyawan bank BUMN reaktif rapid, tim GTPP Covid-19 Kabupaten Tulungagung dibantu dengan tim Hunter covid-19 provinsi Jawa timur melakukan uji rapiddiagnostictest (RDT) terhadap orang-orang yang memiliki kontak dengan FW. Hasilnya 13 karyawan dinyatakan non reaktif.

“Meskipun hasilnya nonreaktif, karena memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif, maka dilakukanlah pengambilan swab untuk pemeriksaan PCR. Dan hasilnya 13 orang lainnya positif Covid-19. Prosedurnya memang begitu,” tegasnya.

Tak hanya Febri, 38 nama lain yang juga berhasil sembuh tersebar di 9 kecamatan. Yakni Kecamatan Bandung 10 orang, Kecamatan Besuki1 orang, Kecamatan Boyolangu 5 orang, Kecamatan Kalidawir 1 orang, Kecamatan Karangrejo 14 orang, Kecamatan Kedungwaru 3, Kecamatan Ngunut 1 orang, Kecamatan Sendang 1 orang, dan Kecamatan Sumbergempol 3 orang.

Sementara untuk jumlah Klaster di Tulungagung sebanyak 10 Klaster diantaranya :

  1. Klaster umrah
  2. Klaster pelatihan haji
  3. Klaster tenaga kesehatan I
  4. KlasterJabalsari yang merupakan level kedua dari Klaster tenaga kesehatan I
  5. Klaster pabrik rokok S
  6. Klaster pabrik rokok A
  7. Klaster Bungur
  8. Klaster tenaga kesehatan B
  9. Klaster tenaga kesehatan J, dan
  10. Klaster karyawan BUMN
Baca Juga  43 pasien Sembuh dari Covid-19, diantaranya 13 Karyawan Bank BUMN

Dengan bertambahnya 39 nama yang berhasil sembuh, praktis prosentase kesembuhan di Tulungagung meningkat signifikan dari yang semula 27 persen menjadi 44 persen.

“Hingga kini total kesembuhan di Tulungagung secara kumulatif mencapai 97 orang,” imbuhnya. (an)

News Feed