oleh

Satgas Kamtib Rutan Klas I Medaeng Sisir Blok Hunian

Surabaya, (afederasi.com) – Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Rumah Tahanan (Rutan) klas I Medaeng melakukan penyisiran dan pembersihan di blok hunian warga binaan, Kamis (29/10/2020) pagi. Kegiatan ini untuk mengingatkan kembali aturan yang sudah ditetapkan agar tidak ada barang terlarang yang masuk seperti sajam, HP, dan sebagianya.

Dipimpin Plh Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Prayogo Mubarak, bersih-bersih dilakukan di Blok B yang dihuni sekitar 353 WBP dari sebelumnya sekitar 500 lebih.

“Kegiatan tadi pagi ini menindaklanjuti kegiatan sebelumnya yakni merazia barang-barang yang seharusnya tidak boleh ada di dalam blok,” kata Prayogo Mubarak.

Prayogo mengatakan, khusus kegiatan ini fokus pada kebersihan blok saja. Harapannya agar para warga binaan pemasyarakatan (WBP) ini bisa nyaman dengan kondisi hunian yang bersih.

“Supaya mereka bisa hidup sehat, meski di dalam lapas,” ujar Prayogo.

Prayogo melanjutkan, kegiatan pengendalian situasi kamtib ini rutin dilakukan dengan cara sosialisasi untuk mengingatkan kembali aturan yang sudah ditetapkan untuk dipatuhi oleh para WBP.

Baca Juga  Gaguk Divonis 6 Bulan, JPU Resmi Ajukan Banding

“Semisal barang-barang terlarang yang tidak bolek masuk seperti sajam, HP, dan sebagianya. Sosialisasi ini sendiri kita lakukan dengan penegakan secara manusiawi,” terangnya.

Menurutnya, dengan pendekatan persuasif dengan merangkul para WBP, akan membuat keamanan dan ketertiban di dalam blok bisa terjaga.

“Selain bersih-bersih dari kerapian tempat, kita juga memberikan fasilitas yang mereka dapat. Kita utamakan dulu pelayanan ke blok mereka seperti kesehatan, kebersihan lebih diperhatikan,” pungkasnya. (al/yp)

News Feed