oleh

Saluran Pipa Jargas Meledak, ini Penyebabnya

Lamongan, (afederasi.com) – Saluran pipa jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (Jargas) yang berada di Jalan Andanwangi Kelurahan Sidorejo Kecamatan Lamongan meledak pada Rabu (19/8/2020) malam.

Suara ledakan yang sempat menggemparkan warga sekitar tersebut tepat di trotoar depan rumah Djoko Bisono. Ia mendengar suara ledakan kecil dan muncul api di depan rumahnya sekitar pukul 23.00 WIB.

“Saat itu saya sedang tidur, kemudian terdengar ledakan dan melihat api keluar dari trotoar depan rumah saya,” kata Djoko Bisono kepada afederasi.com Kamis (20/8/2020).

Mengetahui itu lanjut Djoko, ia langsung menghubungi petugas pemadam kebakaran. Sebab, ketika itu api mulai muncul dari selokan dan menutupi trotoar di sepanjang jalan Andanwangi.

Sementara itu petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Suwanto mengungkapkan, meski satu unit mobil PMK sudah datang namun tidak berani memadamkan api karena sumbernya dari gas. Api baru bisa dijinakkan setelah menutup kontrol saluran radiasi sumber gas.

“Setelah ditutup baru api bisa padam,” jelasnya.

Terpisah, salah satu petugas dari Perusahaan Gas Negara (PGN) Alfian mengatakan, kebakaran berasal dari bocornya pipa yang ditanam di trotoar. Hal ini bisa jadi pipa bocor karena dimakan tikus lalu tersulut puntung rokok.

Baca Juga  Sambut HUT Bhayangkara ke-74, Kodim 0812 Donorkan Darah

“Mungkin pipa bocor karena dimakan tikus dan kebakaran akibat puntung rokok,” katanya.

Diketahui, jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga milik PGN tersebut diproyeksikan menjadi pengganti tabung gas. Insiden itu dikhawatirkan berpengaruh pada minat warga untuk beralih dari tabung gas. (ra/yp)

News Feed