oleh

RSUD dr Soedomo Bakal Bangun Gedung Berlantai Enam, Ketua Komisi III : Rencana Ajukan Pinjaman Rp 50 Miliar

Trenggalek, (afederasi.com) – Rumah Sakit dr Soedomo Trenggalek bakal mengajukan pinjaman daerah sebesar Rp 50 miliar. Anggaran tersebut rencananya digunakan untuk pembangunan gedung berlantai enam. Hal itu disampaikan Ketua Komisi III DPRD Trenggalek Sukarodin, Rabu (14/10/2020).

“Pinjaman modal itu dilakukan karena jika hanya mengandalkan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah daerah, maka proses pembangunan terlalu lama,” kata Sukarodin kepada afederasi.com.

Sukarodin melanjutkan, pengajuan pinjaman daerah ke pihak ketiga ini sebenarnya sudah terjadi empat tahun yang lalu. Bahkan prosesnya telah dihantar sesuai kebutuhan.

“Saat itu memang masih belum berjalan. Barulah pada 2021 nanti RSUD Trenggalek berencana akan meminjam modal sebesar Rp 50 miliar,” katanya.

Sukarodin mengatakan, pinjaman modal itu nanti akan dipakai untuk membangun gedung terpadu enam lantai. Tentu pihaknya berharap hal ini bisa terwujud. Sebab menurut pandangannya, dalam pembahasan pinjaman daerah saat ini bisa dilakukan pada dua OPD.

“Dua OPD yang diyakini mampu untuk mengajukan pinjaman daerah, yakni RSUD dan Dinas Pariwisata. Sehingga dua OPD ini diharapkan ada keberanian untuk menggenjot pelayanan,” terangnya.

Baca Juga  Tidak Sekedar Hobi, Manjakan Pecinta Bonsai dengan Pameran

Mengapa dua OPD itu lanjut Sukarodin, karena dua OPD tersebut dirasa mampu untuk mengembalikan pinjaman. Sebab memiliki pendapatan.

Kendati demikian hingga saat ini baru RSUD yang siap. Sedangkan untuk Dinas Pariwisata belum merencanakan untuk melakukan itu.

“Jika memang ingin melakukan lompatan besar dan signifikan, seharusnya OPD tersebut berani untuk mengambil langkah itu,” jelasnya.

Sukarodin juga menjelaskan, dalam hal pembiayaan jika hanya mengandalkan DAU Pemerintah Daerah tentu terlalu lama dan dirasa belum mampu ketika harus sekali menganggarkan.

“Memang investasi pada Dinas Pariwisata dan RSUD harus besar, jika ingin melakukan lompatan agar tidak tertinggal dengan wilayah lain,” pungkasnya. (pb/yp)

News Feed