oleh

Rayakan HUT Kemerdekaan RI, RSUD dr Iskak bagikan Ribuan Masker

Tulungagung, (afederasi.com) – RSUD dr Iskak, Tulungagung, bagikan ribuan masker dalam merayakan HUT ke-75 Kemerdekaan RI. Dimana, pembagian masker dilakukan di setiap ruang pelayanan sebagai simbol perjuangan tenaga medis melawan COVID-19.

Dari pantauan afederasi.com, terlihat rombongan yang dipimpin oleh Direktur RSUD dr. Iskak, dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes, nampak antusias mengikuti seluruh rangkaian perayaan HUT Kemerdekaan, mulai dari upacara sederhana di lobi pintu masuk rumah sakit hingga kirab pataka mengelilingi seluruh ruang sambil membagikan ribuan masker.

Sontak kegiatan tersebut turut menyita perhatian pengunjung rumah sakit karena hampir semua tenaga yang ambil bagian dalam perayaan HUT Kemerdekaan mengenakan pakaian bercorak merah putih. Serta ada yang mengenakan kostum punokawan atau tokoh pewayangan untuk lebih memberi efek hiburan sekaligus mendekatkan komunikasi massa dengan pengunjung.

“Pada peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Tahun 2020 ini kami mengambil tema ‘Kita Sehat di Tengah pandemi Covid-19’. Kami ingin menyosialisasikan pola hidup dengan normalitas baru bersama Covid-19,” kata Direktur RSUD dr Iskak, dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes, Selasa (18/8/2020).

Menurut Supriyanto, kampanye adaptasi kebiasan baru atau normalitas baru di Tulungagung berjalan efektif. Hal itu terlihat dari tren peningkatan kepercayaan masyarakat untuk kembali beraktivitas dan berkunjung ke rumah sakit dalam rangka berobat.

Baca Juga  Pasien Positif Covid-19 Bertambah Tujuh Orang, Dua merupakan Ibu Menyusui dan Satu Pasien Anak

“Saat awal pandemi yang dimulai Maret, jumlah kunjungan sempat turun hingga tinggal 40 persen jika dibanding kondisi normal. Namun, sekarang volume kunjungan di RSUD dr. Iskak saat ini telah mencapai 70 persen dibanding saat kondisi normal yang per hari bisa mencapai 750 orang/pasien rawat jalan,” tuturnya.

Perayaan HUT Kemerdekaan itu juga dimanfaatkan Surpiyanto bersama seluruh karyawan RSUD dr. Iskak untuk memberi edukasi kepada masyarakat Tulungagung dan sekitarnya untuk tidak takut lagi berkunjung ke rumah sakit menjalani pengobatan.

Sebab, kata dr. Supriyanto, rumah sakit sangat ketat menjalankan protokol kesehatan dengan memisahkan pasien kasus Covid-19 dengan pasien umum, selain juga sterilisasi yang terus-menerus di seluruh ruang dan area demi mencegah terjadinya transmisi langsung maupun tidak langsung.

“Rumah sakit ini tempat untuk melawan penyakit. Jadi jangan takut ke rumah sakit, karena jika kita sakit tetap harus diobati. Kalau masyarakat takut ke rumah sakit, risiko sakit justru bisa memburuk dan sulit tertangani,” pungkasnya. (dn)

News Feed