oleh

Ranperda Perubahan Tak Kunjung Disahkan, Ini Kata Ketua Dewan

Trenggalek, (afederasi.com) – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) atas Perubahan APBD tahun anggaran 2020 belum juga disahkan. Dalam pembahasan sebelumnya, anggota DPRD memberikan catatan terhadap pelaksanaan yang telah dibahas oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam mengatakan, dalam rapat kerja Banggar DPRD bersama TAPD, ada catatan dari komisi yang membidangi sebelumnya telah dibahas bersama OPD mitra.

“Beberapa catatan itu, diantaranya terkait Jampersal, pengadaan mobil dinas dan pendidikan,” ungkapnya, Selasa (22/9/2020).

Terkait Jampersal lanjut Samsul, memang ada catatan dari Banggar dengan meminta adanya tindaklanjut oleh TAPD karena berbagai alasan dan pertimbangan.

“Pertimbangannya Jampersal ini masih sangat diperlukan oleh masyarakat. Tentunya dengan mengingat masih ada angka kematian ibu dan anak dalam proses persalinan. Sehingga anggaran ini masih perlu dipertahankan demi pelayanan kesehatan masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut Samsul menjelaskan, ada juga catatan dari komisi seperti pengadaan dan pembelian kendaraan bermotor. Pihaknya meminta dalam hal ini jika memang tidak terlalu subtansi atau penting agar ditangguhkan dahulu.

Baca Juga  Dugaan ASN Terlibat Politik Praktis, Ini Penjelasan Febri

Terkait hal itu diberikan kelonggaran pengadaan kendaraan semisal dipergunakan untuk pelayanan perizinan dan untuk mendongkrak PAD. Jika dipergunakan itu DPRD akan tetap mendorong penuh.

“Ada juga tentang catatan kegiatan infrastruktur termasuk jalan dan akses pendidikan,” jelasnya.

Ditambahkan Samsul, catatan tersebut jika bisa ditangani dalam PAK ini maka harus dilakukan. Memang dengan rentan waktu yang cukup singkat dengan anggaran besar maka bisa direkomendasikan oleh DPRD.

“Intinya, catatan ini harus menjadi tindaklanjut OPD dan menjadi evaluasi TAPD dalam melaksanakan Perubahan APBD tahun anggaran 2020. Jika memang kebutuhan tersebut demi pelayanan masyarakat DPRD bakal terus mendorong,” pungkasnya. (pb/yp)

News Feed