oleh

Puluhan Tuna Netra Ikuti Pelatihan Penggunaan Smartphone

Tulungagung, (afederasi.com) – Keterbatasan panca indera tidak menghalangi seseorang untuk menikmati kemajuan teknologi. Hal ini dialami puluhan tuna netra yang tergabung dalam Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kota Marmer. Mereka mengikuti pelatihan penggunaan Smartphone yang digelar oleh Dinas Sosial setempat, Selasa (20/10/2020)

Berdasarkan pantauan afederasi.com, sekitar 20 penyandang tuna netra tampak antusias mengikuti pelatihan komputer. Mereka seakan tidak ingin tertinggal dengan kemajuan teknologi yang sudah ada.

Pelatihan tersebut bertempat di gedung pertemuan aula Waroeng Bima yang diselenggarakan mulai tanggal 19 Oktober, hingga tanggal 22 Oktober mendatang.

“Pelatihan ini sengaja digelar untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi informasi khusus smartphone sebagai alat untuk mobilitas dalam kehidupan sehari-har,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tulungagung Suyanto melalui Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Setiaji.

Setiaji melanjutkan, dalam pelatihan tersebut pihaknya memfokuskan pada penggunaan HP android yang mana fitur dan cara penggunaanya sama dengan hp lainnya. Namun harus diatur terlebih dahulu dalam mode yang bisa dimengerti oleh orang tunanetra. Dalam hal ini penekanan pada suara.

Baca Juga  Warga Binaan Rutan Medaeng Sulap Limbah Plastik Jadi Barang Berguna

“Untuk hp harus diatur dahulu dibuat mode aksesibilitas, nanti ada layanan TalkBack yang mana layanan tersebut menyediakan masukan lisan, sehingga dapat digunakan tanpa melihat layar, namun kalau untuk mengirimkan teks maupun pdf bisa menggunakan aplikasi tambahan,” imbuhnya.

Setiaji berharap dengan adanya pelatihan ini pihaknya bisa memberikan kesempatan yang sama kepada teman tunanetra dalam menggunakan smartphone. Nantinya para peserta yang mendapatkan dasar-dasar pelatihan supaya bisa mengaplikasikan sesuai dengan potensi yang dimiliki.

“Kalau tindak lanjut pengembangan tergantung masing-masing individu,” pungkasnya. (is/yp)

News Feed