oleh

Puluhan Eks Napiter Ikuti Upacara HUT RI ke-75

Lamongan (afederasi.com) – Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-75 di Mapolres Lamongan kali ini cukup banyak menarik perhatian publik. Pasalnya, sebagian petugas dan peserta upacara adalah eks narapidana terorisme (napiter).

“Ada sekitar 30 mantan napiter yang mengikuti upacara kali ini,” kata Direktur Yayasan Lingkar Perdamaian Ali Fauzi.

Ali mengatakan, tidakk hanya menjadi peserta, para mantan napiter ini juga didapuk sebagai petugas upacara, yakni sebagai pengibar bendera merah putih dan pembaca teks Undang-undang Dasar 1945.

“Ini adalah perwujudan niat baik kami untuk kembali menyatu dan hidup berdampingan, meninggalkan masa lalu dimana dahulu polisi pernah dianggap sebagai lawan sekarang polisi menjadi kawan,” katanya.

Namun demikan lanjut Ali, keikutsertaan para mantan napiter dalam upacara ini adalah dari hati dan iklas. Ia juga menyampaikan terima kasihnya pada Polri dan BNPT yang sudah banyak meluangkan waktu memberikan bimbingan kepada para mantan teroris ini. Sehingga, para mantan teroris ini sudah tidak lagi kembali ke jalan yang salah.

Baca Juga  Pria Beristri Cabuli Anak Dibawah Umur Hingga Hamil

“Insyaallah dengan datangnya mereka mengikuti upacara HUT Ke-75 RI di Polres Lamongan kami jamin mereka tidak akan kembali ke masa lalunya,” kata Ali sembari berpesan agar yang belum ‘rujuk’ atau kembali ke pangkuan ibu pertiwi untuk kembali ke NKRI.

Sementara itu, upacara tersebut dipimpin secara langsung oleh Kapolres Lamongan AKBP Harun dan diikuti seluruh Pejabat Utama (PJU), anggota, hingga ASN maupun PHL.

Dalam amanatnya, Harun menyampaikan bahwa tahun 2020 adalah tahun politik di Lamongan. Pihaknya berpesan agar TNI/Polri menjadi garda terdepan dalam pengamanan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. (ra/yp)

News Feed