oleh

Prosentase Kesembuhan Covid-19 Turun jadi 92 Persen

Tulungagung, (afederasi.com) – Prosentase kesembuhan terhadap coronavirus disease (Covid-19) di Tulungagung kembali menurun menjadi 92,8 persen, dari sebelumnya 93 persen. Hal ini setelah adanya penambahan empat pasien baru yang terkonfirmasi SARS-Cov-2, pada Rabu (2/9/2020).

Dengan bertambahnya empat kasus baru ini, sehingga total kumulatif kasus Covid-19 sampai saat ini mencapai 292 kasus.

Wakil Juru Bicara (jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro mengatakan empat pasien baru terkonfirmasi positif Covid-19 ini berasal dari Kecamatan Karangrejo, Kedungwaru, Ngantru, dan Pakel.

“Kami kembali merilis empat kasus baru terkonfirmasi Covid-19. Sehingga total kasus mencapai 292 kasus, ”jelasnya.

Galih memaparkan riwayat empat kasus tersebut, untuk kasus pertama yang terkonfirmasi hari ini adalah pasien berinisial TP warga Kecamatan Karangrejo. Dimana, TP merupakan kasus suspek dan dirawat di RSUD dr Iskak sejak 30 Agustus lalu.

Pasien berusia 65 tahun ini memiliki gejala demam selama 3 hari berturut-turut, muntah, mual, lemas, batuk, dan pilek. Kemudian petugas melakukan pengambilan swab pada 1 September dan diketahui hasilnya positif Covid-19.

Baca Juga  Tembus 75 Orang, Satu Penderita Corona Berusia 21 Bulan

Kemudian kasus kedua adalah pasien berinisial ACB warga Kecamatan Kedungwaru. ACB merupakan level dua dari kasus pasien berinisial SF yang telah terkonfirmasi pada 31 Agustus lalu. Kini ACB telah menjalani isolasi di Rusunawa IAIN Tulungagung.

Selanjutnya kasus ketiga adalah pasien berinisial AGA warga Kecamatan Ngantru. Pasien berusia 35 tahun ini merupakan level 2 dari kasus pasien berinisial STM.

STM merupakan pasien kasus suspek yang terkonfirmasi Covid-19 pada 28 Agustus lalu. Kini AGA sedang menjalani isolasi di Rusunawa IAIN Tulungagung.

Sementara kasus keempat merupakan pasien yang berasal dari Kecamatan Pakel berinisial ASM. Pasien berusia 52 tahun ini merupakan pelaku perjalanan daerah terjangkit (PPDT) yang menjalani pemeriksaan swab pada 1 september kemarin.

Karena hasil pemeriksaan positif, petugas melakukan penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap ASM. Hasilnya petugas menemukan 4 orang yang memiliki kontak erat dengan ASM dan sudah dilakukan pengambilan swab.

Dari keempat orang ini, salah satu anak ASM yang merupakan seorang tenaga Kesehatan (nakes) di luar Kabupaten Tulungagung menunjukkan hasil reaktif ketika dilakukan pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT).

Tak hanya mengkonfirmasi 4 nama yang positif Covid-19, Tim GTPP Covid-19 juga merilis 1 pasien yang berhasil sembuh. Yakni pasien bernama NTP yang berasal dari Kecamatan Kedungwaru.

Baca Juga  Total Pasien Positif Corona di Banyuwangi 58 Orang

NTP terkonfirmasi pada 21 Agustus lalu. Sebelumnya, NTP merupakan pasien kasus suspek yang naik level menjadi terkonfirmasi Covid-19.

Galih menambahkan, dengan bertambahanya kasus baru ini, dia mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap penularan Covid-19. Untuk itu protokol Kesehatan menjadi kunci utama untuk menekan laju penularan. “Tetap jaga jarak, gunakan masker saat bepergian, rajin cuci tangan. Ini untuk kepentingan bersama agar laju penularan semakin bisa ditekan,”terangnya.

Sekedar diketahui hingga Rabu (2/9/2020) jumlah kasus Covid-19 mencapai 292 kasus. Dengan rincian, 271 dinyatakan sembuh, 3 orang meninggal dunia, 7 pasien menjalani perawatan, dan 6 orang menjalani isolasi. (dn)

News Feed