oleh

Prajurit Kodiklatal Peringati HUT Korps Suplai ke-72

Surabaya, (afederasi.com) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72  Korps Suplai TNI Angkatan Laut tahun ini digelar dengan sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan. Meskipun, selama acara tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara yang digelar di Pusat Pendidikan Bantuan Adminstrasi (Pusdikbanmin) Komando Pendidikan Dukungan (Kodikdukum) ini dipimpin langsung oleh Direktur Umum (Dirum) Kodiklatal Laksma TNI Rubiyanto.

Diawali dengan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) 88 dilapangan Apel Pusdikbanmin, kemudian seluruh peserta mengikuti jalan sehat mengelilingi kesatrian Bumimoro dan diakhiri dengan acara ramah tamah yang digelar di ruang Joglo Pusdikbanmin Kesatrian Bumimoro Kodiklatal.

Selain Dirum Kodiklatal, hadir pula Inspektur Kodiklatal Kolonel Laut (S) Bambang Supriyanto, Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal Kolonel Laut (S) Gatot Sugiarto, Komandan Pusdikbanmin Kolonel Laut (S) Roland Manalu, dan para perwira Korps Suplay serta perwakilan bintara tamtama Korps Suplay dilingkungan Kodiklatal.

Kadiskual Laksma TNI R Anang Dwi Kuncoro dalam amanat yang dibacakan Kakuwil Kodiklatal Kolonel Laut (S) Gatot Sugiarto  menyampaikan, bahwa tujuh puluh dua tahun yang lalu tepatnya tahun 1948 merupakan hari yang bersejarah bagi korps administrasi, yang pada akhirnya personel korps Administrasi dapat mendukung TNI Angkatan Laut dalam rangka melaksanakan tugas dan menjaga keamanan laut nusantara.

Baca Juga  Polda Jatim Gagalkan Peredaran 8,4 Kg Sabu

“Disinilah sejarah telah membuktikan bahwa para pejuang mengadakan selection board guna menetapkan korps administrasi, yang merupakan cikal bakal terbentuk korps suplai bersamaan dengan empat korps lainya yang ada di lingkungan angkatan laut,” kata Kakuwil Kodiklatal Kolonel Laut (S) Gatot Sugiarto.

Perjalanan panjang korps administrasi lanjut Gatot, dapat menjadikan momentum untuk menumbuhkan motivasi dan kebanggaan bagi korps suplai dalam rangka meningkatkan profesionalisme.

Dimana, pada tahun 2001 diterbitkan Surat Keputusan Kasal Nomor Skep 1334/VIII/2001 tanggal 20 Agustus 2001 tentang perubahan lambang dan penyebutan korps administrasi menjadi korps suplai yang selanjutnya digunakan sebagai dasar untuk menetapkan bahwa tanggal 1 september menjadi hari jadi korps suplai.

Dengan telah di tetapkanya perubahan dan penyebutan korps suplai maka pada kesempatan ini Kadiskual mengucapkan selamat hari jadi korps suplai yang ke 72, semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu melimpahkan rahmat dan karunianya serta memberikan bimbingan kepada seluruh prajurit korps suplai dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

Sebagai wujud rasa syukur dan kecintaan terhadap korps suplai peringatan hari jadi korps suplai ke 72 tahun ini mengambil tema “Korps Suplai Solid Dan Profesional Dalam Mendukung Tugas Tni Angkatan Laut,” pungkasnya. (al/yp)

News Feed