oleh

Polisi Amankan Dua Pelaku Sindikat Penggelapan Mobil Rental

Banyuwangi, (afederasi.com) – Unit Reskrim Polsek Genteng berhasil mengamankan dua pelaku yang merupakan sindikat penggelapan mobil rental, pada Jum’at (16/10/2020).

Kedua pelaku adalah Juhairi alias Alex (57) warga Dusun Muncar Baru, Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar yang diduga sebagai penadah, sedangkan Bambang Ariyanto, 40, warga Dusun Krajan Dua, Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng sebagai penjual barang.

Keduanya diamanakan di rumahnya masing-masing. Atas laporan Sukidi Hadianto (52) warga Desa Kembiritan, Kecamatan Genteng, sekaligus pemilik mobil Daihaitsu Xenia dengan nomor polisi P 1230 KJ.

“Kedunya berhasil diamankan dengan kasus penadah dan penggelapan, keduanya dalam berkas yang berbeda,” ujar Kapolsek Genteng, Kompol Syamsudin melalui Kanitreskrim Iptu Fendy Susanto.

Menurut Fendy, Sukidi Hadianto (pelapor-red) melaporkan pada hari Senin (5/10/2020) lalu dengan dugaan tindak pidana penipuan dan penggelapan mobil yang dilakukan oleh tersangka Bambang. Dalam laporan itu, Bambang menyewa mobil Daihatsu Xenia milik pelapor, sejak bulan Agustus.

“Pelapor memang merentalkan mobil miliknya ke Bambang, namun Bambang tiba-tiba menghilang,” katanya.

Baca Juga  Nekat Bawa Kabur Motor Juragan, Pria ini Harus Meringkuk di Penjara

Mendapatkan laporan itu, jelas dia, anggota langsung melakukan penelusuran dan pencarian terhadap mobil milik korban tersebut. Setelah sepuluh hari pencarian, anggota mendapati mobil tersebut berada di rumah Alex.

“Sepuluh hari pencarian akhirnya membuahkan hasil, mobil terparkir di rumah Alex,” terangnya.

Dari hasil itu, masih kata dia, anggota akhirnya mengamankan Alex dengan satu unit mobil tersebut ke Polsek untuk dimintai keterangan. Dari keterangan Alex, ia mengaku mobil tersebut digadaikan kepada dirinya seharga Rp 27,5 juta.

“Alex mengaku mobil itu digadaikan oleh Bambang kepada dirinya, lengkap dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK),” paparnya.

Dari keterangan Alex itu lah, anggota langsung bergerak mengamankan Bambang di rumahnya. Saat diamankan itu, Bambang sedang istirahat di rumahnya untuk dibawa ke Polsek.

“Hasil interogasi Bambang, ia mengaku kalau mobil tersebut memang digadaikan kepada Alex. Sedangkan uangnya untuk membayar hutang,” ungkapnya.

Fendy menambahkan, keduanya saat ini sudah dalam proses hukum. Keduanya diproses dengan berkas yang berbeda, karena keduanya juga disangkakan pasal yang berbeda.

Baca Juga  Diduga Lakukan Gendam Sejumlah Toko Baju, Emak Asal Kediri Ditangkap Polisi

“Untuk Alex, dikenakan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. Sedangkan Bambang, dikenakan Pasal 372 KUHP atau pasal 378 KUHP dengan ancaman hukman maksimal empat tahun penjara,” jelasnya. (ron/dn)

News Feed