oleh

Plaza Alun-Alun Suroboyo akhirnya Resmi Dibuka, Tepat di Hari Kemerdekaan Indonesia

Surabaya, (afederasi.com) – Plaza Alun-Alun Kota Surabaya yang terletak di Balai Pemuda, kini telah diresmikan oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini tepat di HUT Kemerdekaan RI ke 75, Senin (17/8/2020).

Risma menyatakan bahwa rencana awal peresmian alun-alun bagian atas ini sebenarnya dijadwalkan pada bulan November 2020, namun didahulukan agar segera bisa bermanfaat sebagai tempat untuk para pekerja seni, yang bersebelahan dengan perpustakaan dan rumah matematika.

“Memang sengaja dibuka dulu yang bagian atas ini. Jadi nanti diusahakan setiap harinya ada acara kesenian, seperti ludruk, srimulat, ketoprak dan yang lainnya dan nanti penontonnya duduk dibawah seperti zaman dulu,” ungkap Risma saat membuka plaza alun-alun Kota Surabaya, Senin (17/8/2020).

Risma mengatakan jika sketsa alun-alun ini digambar sendiri olehnya. Dirinya juga berharap agar setelah ini para pekerja seni dan pengunjung agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Terus terang saya mengerti gak semua anak harus jadi profesor atau doktor. Ada mungkin di kemudian hari yang jadi seniman karena semua orang memiliki talenta yang berbeda. Nah untuk mulainya nanti tanggal satu suro kita wayangan disini, terus nanti gantian reog atau ludruk,” ujarnya.

Baca Juga  Aliansi Pekerja Seni kembali Geruduk Balai Kota, Tuntut Pencabutan Perwali No 33 Tahun 2020

Bagi seniman sendiri nantinya akan memperoleh bayaran dari pihak Pemkot Surabaya untuk setiap kegiatan, supaya warga bisa menonton pagelaran seni tanpa harus merogoh kantong.

Sementara itu, salah satu seniman Surabaya yang akrab dijuluki Cak Suro mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Surabaya karena telah diberikan tempat untuk para pegiat seni mengeluarkan kreativitas.

“Untuk ibu Wali, terima kasih yang sebesar-besarnya buat plaza alun-alun Surabaya ini. Semoga kedepannya bisa menjadi semakin besar dan semakin dikenal oleh banyak orang dari dalam maupun luar negeri,” kata Cak Suro

Di plaza alun-alun Kota Surabaya ini sendiri terdapat dua air mancur yang berada di bagian depan dan belakang. Air mancur ini juga dapat mengeluarkan uap dan dapat menjadi spot foto untuk para pengunjung. Beberapa pengunjung juga sempat mendatangi air mancur tersebut untuk melihat-lihat dan berfoto.

“Bagus, cakep pokoknya. Selain kita bisa belajar di Balai Pemuda, kita juga nantinya bisa menikmati acara kesenian, sambil main-main juga di air mancurnya,” pungkas Eni, salah satu pengunjung alun-alun Kota Surabaya. (dwd/dn)

News Feed