oleh

Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Pjs Bupati Ingatkan Bahaya Laten Komunisme

Trenggalek,(afederasi.com) – Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Trenggalek Benny Sampirwanto mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada akan bahaya laten komunisme. Hal tersebut diungkapkan saat memimpin upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila, Kamis (01102020).

Dijelaskannya, bahwa pada 30 September 1965 yang lalu di Indonesia pernah terjadi tragedi yang memilukan. Dimana, ada sekelompok orang ingin mengganti ideologi pancasila dengan komunisme. Namun, upaya tersebut berhasil digagalkan. Sehingga, seluruh rakyat Indonesia akan selalu mengenang sejarah tersebut sebagai hari Kesaktian Pancasila.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengingat sejarah, semoga pergolakan yang pernah terjadi itu tidak terulang kembali,” ungkapnya.

Menurut Benny, upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini diharapkan bisa mengingatkan semua pihak untuk selalu waspada. Setidaknya, di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pernah terjadi pergolakan pemberontakan oleh salah satu kelompok bangsa.

Sementara itu Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam mengatakan, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah momentum untuk mengingatkan kembali akan peristiwa kelam yang pernah terjadi di tanah air.

Baca Juga  Jadi Jurkam, Anggota DPRD Wajib Cuti

“Mari kita manfaatkan momentum ini sebagai wahana membangun kebersamaan, merajud Bhineka Tunggal Ika, serta untuk mewujudkan masyarakat yang adil makmur dan sejahtera dibawah bingkai NKRI,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Samsul juga mengingatkan kaitannya dengan pandemi Covid 19. Tujuannya, agar masyarakat tetap waspada dan disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. (pb/yp)

News Feed