oleh

Petugas Imigrasi Amankan WNA yang ‘Ngamuk’ di Pusat Kuliner

Tulungagung, (afederasi.com) –  Seorang Warga Negara Asing (WNA) yang videonya viral karena mengamuk dengan mengomel di pusat kuliner dekat Stasiun Tulungagung, akhirnya diamankan petugas Imigrasi Blitar, Senin (14/9/2020) sekitar pikul 14.00 WIB.

Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Imigrasi Blitar Angga Purnama mengatakan, WNA tersebut diamankan karena adanya aduan masyarakat. Selain itu, video rekaman aksi orang tersebut juga sempat viral di media sosial.

“Berdasarkan laporan tersebut akhirnya kami melakukan kroscek di lapangan,” katanya.

Angga mengungkapkan, setelah ditelusuri ternyata WNA tersebut tinggal di Hotel Narita. Pihaknya sempat mengajak dialog dengan orang tersebut, namun ia tidak kooperatif dan selalu emosi.

“Jam 10.00 WIB kita sudah di lokasi, dan baru sekitar pukul 14.00 WIB yang bersangkutan bersedia kami bawa ke kantor Imigrasi,” terangnya.

Angga menjelaskan, WNA tersebut sengaja dibawa ke kantor untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selain mengecek ijin tinggal, tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pengecekan kesehatan hingga psikologisnya.

“Tes psikologi untuk melihat kejiwaannya. Karena ia sempat memegang mainan anak panah sambil berkata bahwa ia teringat anaknya,” imbuhnya.

Baca Juga  Dua Warung Makan dan Tambal Ban Ludes Terbakar, Ini Kronologinya

Sedangkan tes kesehatan dilakukan salah satunya untuk memastikan apakah ia terkonfirmasi Coivd-19 atau tidak.

“Yang penting kita bawa (amankan-red) dulu, nanti hasilnya seperti apa kita konsulkan ke pimpinan,” terangnya.

Disinggung WNA tersebut dari negara mana dan identitasnya siapa, Angga mengaku belum memeriksa secara detail. Namun, yang bersangkutan sempat mengatakan berasal dari Kanada, dan juga memiliki ijin tinggal di Hongkong.

“Paspornya juga belum kita cek,” katanya.

Angga menambahkan, jika hasil pemeriksaan nanti ternyata WNA tersebut melanggar ijin tinggal karena melebihi batas waktu tinggal (overstay) tentu pihaknya akan mendeportasinya.

Sementara itu, WNA yang mengaku bernama Chuang Cung Him tersebut mengungkapkan, dirinya sempat marah-marah karena helm yang dikenakannya dipukul oleh seseorang.

Yes, yesterday someone hit my helmet,” katanya.

Pria yang mengaku memiliki dua paspor tersebut juga mengatakan bahwa ia di Tulungagung karena sedang berlibur.

Sementara itu, dalam video berdurasi 1 menit 28 detik tersebut tampak Chuang Cung Him marah dengan mengomel serta memegang ponselnya seperti membuat vlog. Dengan memakai kaos warna putih tanpa lengan dan celana jin, WNA tersebut akhirnya meninggalkan lokasi. (yp)

News Feed