oleh

Persiapkan Model Sekolah Menuju New Normal

Lamongan, (afederasi.com) – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Lamongan bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPPC) terus mendorong penegakan disiplin protokol kesehatan guna menuju new normal.

Terbaru keduanya mulai menyasar beberapa sekolah untuk disulap menjadi Sekolah Tangguh Semeru pada Selasa (30/6/2020). Yakni, di SD Bhayangkari, SDN 4 Made, SMPN 2 Lamongan, dan SMPN 1 Lamongan.

“Saat ini kami bersama GTPPC, Polres dan Kodim 0812 terus berupaya mencari model terbaik dalam penerapan protokol kesehatan di sekolah,” kata Bupati Fadeli Selasa (30/6/2020).

Fadeli menambahkan, pada Senin (13/6/2020) mendatang merupakan tahun ajaran baru, namun bukan berarti saat itu juga peserta didik akan melakukan pembelajaran tatap muka.

Fadeli juga meminta sekolahan untuk terus mencari dan memberlakukan proses dan bentuk pembelajaran yang dirasa aman, baik itu secara online, offline, campuran (online-offline), ataupun guru kunjung.

“Kita masih menuju normal baru, kita masih terus mencari bentuk sekolah tangguh dan prosesnya itu bagaimana, agar jangan sampai ada masalah dan menimbulkan klaster-klaster baru nantinya,” ujarnya.

Baca Juga  Rumah Berjarak 2 Meter, Pria Ini Tega Rudapaksa Tetangga di Ladang Jagung

Fadeli mengharapkan, sekolah tangguh diharapkan mampu menjadi inspirasi, contoh disiplin dan kejujuran dalam mentaati protokol kesehatan. Mulai dari memastikan semua warga sekolah terlindungi dari penularan dan ancaman Covid-19.

“yakni menggunakan masker, membiasakan cuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak, melakukan pengukuran suhu, serta penyesuaian sarana dan prasarana sesuai protokol kesehatan,” ajaknya.

Fadeli meminta protokol kesehatan yang harus diterapkan peserta didik di sekolah era kenormalan baru, meliputi protokol kesehatan saat berangkat ke sekolah. Dintaranya perjalanan mulai dari rumah sampai di sekolah, protokol kesehatan selama di sekolah untuk guru, siswa, dan tendik yakni aktivitas di sekolah guru, siswa dan tenaga pendidik. (ra/yp)

News Feed