oleh

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Dandim Ingatkan Kaum Milenial Soal Patriotisme dan Nasionalisme

Tulungagung, (afederasi.com) – Komandan Kodim (Dandim) 0807 Tulungagung Letkol Inf Mulyo Junaedi mengingatkan pentingnya semangat nasionalisme dan patriotisme bagi kaum milenial. Menurutnya diera modernisasi, mereka harus selalu memiliki jiwa Pancasila.

“Patriotik itu adalah jiwa kesatria, maka dalam konteks ini sesuai dengan era modernisasi kaum milenial harus memiliki jiwa dan semangat Pancasila,” kata Dandim 0807 Letkol Inf Mulyo Junaedi usai mengikuti upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso, Kamis (1/10/2020).

Pria yang akrab disapa Junaedi tersebut melanjutkan, kaum milenial diharapkan tidak lupa dengan setiap sejarah perkembangan NKRI. Hal ini penting untuk menelusuri jati diri dan meningkatkan potensi diri.

“Ini penting, karena dari situlah identitas kita bisa diketahui,” lanjutnya.

Jangan sampai lanjut Junaedi, kaum milenial terpengaruh atau terprovokasi paham-paham diluar ideologi Pancasila. Sebab Pancasila sudah final, sesuai yang dirumuskan para pendiri bangsa (founding father).

“Jangan tergiur dengan ideologi-ideologi diluar Pancasila,” ungkapnya.

Junaedi menambahkan, kepada kaum milenial pihaknya berharap agar selalu berkarya dan berpikir positif. Tujuannya, agar karya maupun pengabdiannya bisa berguna bagi keluarga, masyarakat dan negara.

Baca Juga  Penentuan Jarak Acir Perhutani Banyuwangi Selatan dengan LMDH KTH Sumbermakmur Alot

“Terus tingkatkan inovasi dan biarkan tujuan baik itu tetap di sanubari kita,” tukasnya.

Sementara itu Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo menyampaikam pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila. Menurutnya, Pancasila tidak hanya dihafalkan atau diucapkan saat upacara saja. Melainkan harus diamalkan dalam segala lini kehidupan. Karena Pancasila ini sebagai bentuk ideologi bangsa yang mewakili keberagaman.

“Contoh yang nyata saja kita harus saling menghormati antar pemeluk agama dengan damai, itulah salah satu nilai daripada Pancasila,” tuturnya. (is/yp)

News Feed