Selasa, 15 Juni 2021, 19:32 WIB

Perempuan Kediri Ajukan Permohonan Ganti Kelamin Laki-laki, Ini Alasanya

Kediri, (afederasi.com) – Seorang warga Semen Kabupaten Kediri bernama Ani Kasanah (21) mengajukan permohonan ganti kelamin ke Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, Selasa (15/6/2021). Pengajuan tersebut dari jenis kelamin perempuan menjadi laki-laki.

“Hari ini kami mengantarkan permohonan perubahan status kelamin dari perempuan menjadi laki-laki dan ganti nama dari saudara Ani Kasanah,” ujar Luka Fardani, Kuasa Hukum pemohon kepada awak media, Selasa (15/6/2021) siang.

Menurut Luka, alasan pemohon untuk ganti kelamin tersebut karena pemohon awalnya berkelamin ganda perempuan dan laki-laki sejak lahir. Namun, seiring waktu, secara fisik pemohon merasa lebih nyaman dengan jenis kelamin laki-laki.

“Seiring bertambahnya usia, pemohon merasa dominan miliki sifat laki-laki dan merasa aneh saat SMP,” tuturnya.

Luka melanjutkan sebelum mengajukan ganti kelamin ke pengadilan, pemohon juga telah melakukan tindakan medis dari dokter. Sehingga saat ini hanya pengesahan secara hukum saja.

“Sudah ada pemeriksaan secara menyeluruh yang dijalani pemohon di rumah sakit dr Soetomo Surabaya. Hasilnya, secara genetika dan kromosom menunjukkan bahwa ia merupakan seorang lak-laki. Jadi, kelamin yang perempuan ini sebenarnya sudah nggak ada,” ujar Luka.

Baca Juga  Kuatkan MBK Sebagai Direktur, Gugatan Wakil Direktur CV Adhi Djoyo Ditolak Majelis Hakim

Luka menambahkan, selain mengajukan permohonan perubahan status jenis kelamin, pemohon juga melakukan perubahan nama menjadi Anang Seotomo. Rencananya Pengadilan Negeri Kabupaten Kediri, akan menggelar sidang lanjutan dengan menghadirkan dokter yang melakukan pemeriksaan. (isa)

News Feed