oleh

Pemdes Sumberwudi Gelar Simulasi Pemakaman Jenazah Covid-19

Lamongan, (afederasi.com) –  Pemerintah Desa (Pemdes ) Sumberwudi Kecamatan Karanggeneng menggelar simulasi pemakaman jenazah pasien Covid-19 pada Selasa (23/6/2020).

Simulasi yang melibatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 setempat ini digelar sebagai sebagai bentuk keprihatinan terhadap penolakan oleh sebagian warga terhadap jenazah pasien covid-19 disejumlah tempat.

Kepala Desa Sumberwudi Syukuri mengatakan, simulasi ini untuk melatih personel yang tergabung dalam GTPP Covid-19 tentang tata cara mengurus jenazah pasien Covid-19 sesuai protokol kesehatan.

“Simulasi ini memperagakan berbagai tahapan mulai dari kedatangan pasien dari rumah sakit hingga proses pemakaman secara khusus,” jelasnya.

Meski hanya simulasi lanjut Syukuri, setiap prosesi tahapan diperagakan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan Kementrian Kesehatan RI. Yakni perlu kerja sama yang baik antar unsur untuk penanganan (pemulasaraan) yang tepat.

“Personel tim pemulasaran harus menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Simulasi itu sekaligus mengedukasi tentang tata cara penggunaan APD dengan benar,” ujarnya.

Sementara itu bidan Desa Sumberwudi Isti Fuji Rahayu, berharapa di Desa Sumberwudi ini tidak ada korban jiwa akibat Covid-19. Pihaknya juga terus mengajak masyarakat untuk bersama melawan Covid-19.

Baca Juga  Sidang Kedua Pembunuh Mertua Sekda Lamongan Bakal Digelar, ini Agendanya

“Caranya cukup sederhana, tinggal mematuhi anjuran pemerintah seperti jaga jarak aman, jaga kebersihan, rajin cuci tangan dan pakai masker saat keluar rumah,” pintanya.

Terpisah Camat Karanggeneng Bhakti Aprianto mengungkapkan, karena Desa sumberwudi ditunjuk sebagai Kampung Tangguh Desa Tanggap Covid-19, secara otomatis pihaknya juga melengkapi sarana dan prasarana serta kegiatan-kegiatan yang bersifaf pencegahan dan pemutusan penyebaran Covid-19.

“Salah satunya mengedukasi relawan dan masyarakat tata cara mengurus jenazah pasien Covid-19 ini,” imbuhnya.

Bhakti menambahkan bahwa, kegiatan ini sekaligus sebagai persiapan bahan paparan kepala desa se Kecamatan Karanggeneng untuk  penilaian Kampung Tangguh Desa Tanggap Covid 19 dari Kabupaten Lamongan. (ra/yp)

News Feed