oleh

Pedagang Pasar Mengeluh Sepi Pembeli, Dampak Pandemi Covid-19 Tak Kunjung Usai

Banyuwangi, (afederasi.com) – Sejak adanya wabah Virus Corona, hampir semua kalangan masyarakat terdampak. Salah satunya pedagang yang ada di pasar Kebondalem, Kecamatan Bangorejo, mengeluh sepi, Kamis (29/10/2020). Selain sepi pembeli, sejumlah lapak pedagang pasar juga banyak yang kosong.

Kepala pasar Bangorejo Prayudi Mengatakan, pandemic Covid-19 yang tak kujung usai membuat minimnya penghasilan para pedagang. Tidak sedikit pedagang yang meninggalkan lapak jualan. Penghasilan para pedagang menurun hingga 50 persen.

“Pedagang sepi, penghasilan otomatis menurun, dari 198 lapak pasar yang terisi hanya sekitar 150 lapak,” katanya.

Menurut Prayudi banyaknya lapak yang kosong, kebanyakan pedagang tidak bisa jualan karena bahan yang akan dijual tidak ada, serta banyak pedagang lebih memilih berjualan di lapak yang lama.

“Banyak yang kosong, padahal sudah direlokasi ke lapak pasar baru, namun pedagang memilih berjualan di tempat lama,” katanya.

Selain itu, masih kata dia, para pedagang kebanyakan enggan masuk ke lapak pasar baru, karena pembeli kebanyakan belanja kepada pedagang yang berjualan diluar.

Baca Juga  Rekrutmen CPNS 2020 Ditiadakan, ini Alasanya

“Sepi itu terdapat banyak faktor, tapi memang kendalanya banyak pembeli yang enggan masuk ke pasar baru,” jelasnya.

Prayudi menjelaskan, lapak lama memang tidak dibongkar. Meski lapak pasar baru sudah lama dibangun. Sudah beberapa kali di sosialisasikan namun tetap keadaan tidak berubah. Memang banyak yang mengeluh dengan kondisi bangunan, mulai dari ukuran yang dirasa kecil. Padahal itu memang sudah standart.

“Ukurannya sesuai aturan, para pedagang menggelar semua dagangan jadi serasa kecil dan tidak cukup. Kadang ada pedagang menggunakan lapak pasar baru. Tapi, mereka hanya sehari jualan,” pungkasnya. (ron/dn)

News Feed