oleh

Pasien Sembuh dari Covid-19 Terus Bertambah, Kini total Ada 27 orang

Tulungagung, (afederasi.com)Jumlah pasien sembuh dari coronavirus disease (Covid-19) di Kota Marmer terus bertambah. Harini (1/6/2020) tercatat ada lima pasien yang dilaporkan sembuh setelah hasil swab dinyatakan negative atau sembuh. Hingga kini total kumulatif pasien sembuh menjadi 27 orang dari 64 pasien positif Covid-19.

“Iya benar harini kita menerima data pasien sembuh bertambah lima orang. Dengan demikian angka kesembuhan mencapai 42 persen,” ungkap Wakil juru bicara satuan gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Tulungagung, Galih Nusantoro, Senin (1/6/2020).

Adapun data kelima pasien yang telah dinyatakan sembuh yang pertama Krisna Ivan Evendi (29) warga Desa Joho, Kecamatan Kalidawir yang bertugas di bagian IGD RSUD dr Iskak Tulungagung. Dimana Krisna sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19 pada 18 April lalu dan masuk klaster tenaga medis.

Selanjutnya Ika Diana (35) warga Desa Jabalsari, Kecamatan Sumbergembol. Dimana Ika ini terkonfirmasi positif Covid-19 pada 28 April lalu, masuk dalam klaster Jabalsari, dan kini sudah dinyatakan sembuh. Ika merupakan kakak ipar dari MA pasien positif yang kini masih menjalani masa karantina.

Baca Juga  Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Sembuh Meningkat Jadi 1.042

Tidak hanya itu, M Angga Fatkulah (18) warga Desa Jabalsari, Kecamatan Sumbergempol. Dia terkonfirmasi positif Covid-19 pada 5 Mei setelah terpapar dari MA.

Sedangkan pasien keempat yang dinyatakan sembuh yakni Hamam (58) warga Desa Joho, Kecamatan Kalidawir. Yang sebelumnya dinyatakan konfirmasi positif Covid-19 pada 8 Mei.

Namun, hingga kini dia belum diketahui terpapar covid dari klaster mana. Dia diketahui memiliki riwayat TBC, yang sebelumnya melakukan pengobatan di RSUD dr Iskak.

Terakhir pasien kelima yang sembuh yaitu Mutawasitoh (61) warga Desa Tapan, Kecamatan Kedungwaru. Dia merupakan istri dari SKR pasien yang terlebih dahulu terkonfirmasi positif Covid-19.

Mutawasitoh ini terkonfirmasi positif pada 28 April, karena memiliki kontak erat dengan SKR. Ketika itu SKR sedang sakit dan dirawat oleh istrinya. Ketika dilakukan uji Rapid Diagnostic Test (RDT) diketahui reaktif, sehingga langsung dilakukan karantina dan kini telah dinyatakan sembuh.

“Dari kelima ini, kita sudah bisa mengatakan ada progres yang signifikan. Semoga besuk ada tambahan lagi pasien sembuh, sehingga bisa mencapai angka kesembuhan diatas 50 persen. Yang nantinya dapat dijadikan evaluasi bagaimana kita berproses ke selanjutnya,” ujarnya.

Baca Juga  Tersangka Penjegal Sarto, Terancam Hukuman Tujuh Tahun Penjara

Galih menuturkan,  dalam menentukan pasien sembuh ini harus melalui pemeriksaan swab dengan metode polymerase chain reaction (PCR), dan hasil harus menunjukkan negative.

Untuk pasien Ika Diana, M Angga, dan Mutawasitoh ini berdasarkan hasil swab kedua kali yang dikirim ke Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, beberapa waktu yang lalu. Hasilnya negative dan pasien bisa dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Sedangkan untuk pasien Krisna Ivan Evendi dan Hamam ini menjalani fast swab, dan diketahui hasilnya negative. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) dan hasilnya negative. “Dengan demikian mereka dinyatakan sembuh,” imbuhnya.

Galih menambahkan, dengan bertambahnya pasien sembuh ini pihaknya sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan Covid-19 ini. Mulai dari petugas kesehatan, tenaga medis maupun non medis, dari stake holder yang ada.

“Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi – tingginya atas kerjasama dalam memerangi penyebaran Covid-19 di Tulungagung,” pungkasnya. (an)

News Feed