oleh

Pasien Positif Covid-19 Bertambah Empat, Angka Kesembuhan Turun Lagi

Tulungagung, (afederasi.com) – Tim gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tulungagung kembali merilis empat nama pasien baru yang terkonfirmasi positif coronavirus disease 2019 (Covid-19), pada Jum’at (28/8/2020). Dengan bertambahnya empat pasien ini maka angka kesembuhan kini menjadi 94,6 persen dari jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 sebanyak 279.

“Ya hari ini bertambah empat pasien baru positif Covid-19, maka jumlah kumulatif sebanyak 279 orang. Rinciannya 264 sembuh, 3 orang meninggal, sedangkan 5 orang menjalani perawatan dan 7 orang menjalani karantina di rusunawa IAIN Tulungagung,” ungkap wakil juru bicara tim GTPP Covid-19 Tulungagung, Galih Nusantara, Sabtu (29/8/2020).

Adapun empat pasien baru ini diantaranya STM (61) perempuan warga Kecamatan Ngantru, SNG (57) perempuan warga Kecamatan Campurdarat, Kemudian dua orang laki – laki dari Kecamatan Tulungagung yaitu MGT (70) dan IP (28).

Galih memaparkan riwayat empat pasien baru ini. Pertama untuk pasien STM(61) inimerupakan kasus suspek dengan memiliki gejala nyeri pada dada. STM masuk RSUD dr. Iskak pada 25 Agustus, kemudian dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil positif Covid-19.

Baca Juga  Dua Pasien Dinyatakan Sembuh dari Covid-19, Prosentase Kesembuhan Capai 93 Persen

Kemudian SNG(57)inijuga merupakan pasien berstatus suspek dengan gejala flatud, panas, batuk sejak dua hari sebelum masuk rumah sakit.

SNG masuk RSUD dr. Iskak juga sama pada 25 Agustus, kemudian dilakukan pemeriksaan swab dengan hasil positif Covid-19.

Selanjutnya pasien MGT (70), dimana MGT ini mempunyai kontak erat dengan pasien terkonfirmasi ESyang di release pada 24 Agustus lalu.

Dari pasien ES ini, tim reaksi cepat bidang kesehatan Dinas Kesehatan Tulungagung melakukan tracing terhadap sejumlah orang yang kontak erat dengan ES sebanyak 9 orang, serta dilakukan pemeriksaan swab.

“Dari hasil pemeriksaan swab terhadap 9 orang, diketahui 7 hasilnya negatif Covid-19, satu orang diketahui positif Covid-19 yaitu MGT, sedangkan satu orang masih belum keluar hasilnya,” jelasnya.

Yang keempat yakni IP (28). Dimana IP inimerupakan pelaku perjalanan daerah transmisi (PPDT) dengan riwayat perjalanan mulai 19-23 Agustus 2020. Berawal dirinya melakukan perjalanan ke Kabupaten Jombang kemudian pulang pada 23 Agustus dan sempat singgah di Kediri untuk bertemu dengan temannya.

Baca Juga  Bertambah 41 orang Positif Covid-19, Angka Kesembuhan alami Penurunan Jadi 41 Persen

Pada tanggal 24 Agustus, IP merasa kurang enak badan yang disertai gejala nyeri tenggorokan, meriang dan sempat masuk kantor setengah hari.

IP kemudian memeriksakan diri di Puskesmas Tulungagung dan kemudian dilakukan pemeriksaan swab. Hasil pemeriksaan swab terhadap IP dinyatakan positif Covid-19.

“Karena diketahui hasil swab terhadap IP positif Covid-19, maka tim tracing hari ini melakukan pengambilan swab terhadap sejumlah teman kerja sekantor dengan IP sebanyak 13 orang. Dan saat ini kami masih menunggu hasilnya,” jelasnya.

Galih menambahkan Pemerintah Kabupaten Tulungagung tetap melakukan Upaya Tracing, Testing, and Treatment (3T), sebagai upaya pemutus rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Tulungagung.

“Adanya kasus baru yang bertambah menandakan bahwa penularan Covid-19 masih ada. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan patuh menjalankan protokol kesehatan dalam menjalani aktifitas sehari-hari,” imbuhnya. (dn)

News Feed